Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Pikiran Dan Pola Perilaku Anda Menjadi Lebih Baik

Cara mengubah pola perilaku
Jika Anda memiliki pola pikir atau perilaku yang Anda tahu tidak sehat atau tidak produktif, atau bahkan beracun bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda, mengubahnya bisa jadi sulit. Bagaimanapun, pola-pola ini adalah bagian dari kehidupan. Memutuskan bahwa Anda perlu mengubah pola pikir dan perilaku Anda menjadi lebih baik adalah langkah besar, tetapi itu bisa membuat Anda bertanya-tanya harus mulai dari mana.

1. Memahami Pikiran Anda Melalui Perhatian

Untuk mengubah pikiran Anda, Anda perlu memahami bagaimana proses berpikir Anda bekerja. Ini terdengar sederhana, tetapi ini sedikit lebih menantang daripada yang diperkirakan.

Pikiran kita bekerja sepanjang waktu seperti komputer, tidak hanya saat kita secara aktif memperhatikan sesuatu atau mencoba mencari tahu sesuatu. Saat Anda mengemudi, mandi, membaca atau menonton televisi, pikiran Anda menjadi liar. Pendukung mindfulness menyebut ini " pikiran monyet ".

Otak Anda cenderung mengabaikan pikiran monyet, tetapi masih memiliki pengaruh besar pada cara Anda berpikir dan merasa. Belajar untuk lebih memperhatikan pikiran monyet Anda bisa jadi sulit, tetapi itu dapat membantu Anda memahami dan secara aktif mengubah pandangan Anda.

Salah satu cara terbaik untuk memahami pikiran monyet Anda adalah melalui proses yang disebut "meditasi kesadaran". Biasanya digunakan untuk mengurangi stres, latihan berpikir ini juga dapat membantu Anda memahami dan mengubah pola pikir dan perilaku Anda.

Untuk memulai, duduk atau berbaring dengan nyaman. Tutup matamu. Fokus pada napas Anda. Anda tidak perlu mengubah napas Anda untuk membuatnya lebih dalam atau lebih lambat, cukup perhatikan bagaimana napas Anda terasa saat masuk dan keluar dari tubuh Anda. Kemungkinannya adalah, Anda hanya akan dapat fokus pada napas Anda selama beberapa saat sebelum pikiran monyet Anda menyela. Tidak apa-apa. Catat saja apa yang dipikirkan dan kembali fokus pada napas Anda. Cobalah untuk melakukan ini setidaknya selama lima menit. Pada akhir waktu Anda, Anda mungkin telah memperhatikan tren jenis pikiran yang mengganggu Anda. Cobalah untuk melakukan latihan ini setidaknya sekali seminggu tetapi bekerja hingga setidaknya lima menit per hari.

Setelah Anda melakukan ini untuk sementara waktu, Anda harus lebih menyadari apa yang dikatakan pikiran monyet Anda sepanjang hari. Jika Anda secara aktif mencoba berubah menjadi lebih baik, mungkin pikiran monyet Anda yang menahan Anda. Mampu mencegatnya dapat membantu Anda mencegahnya menentukan perilaku Anda.

2. Memahami Pola Perilaku Anda Melalui Retrospeksi

Pikiran monyet Anda dapat mengendalikan perilaku Anda, tetapi perilaku Anda lebih mudah diamati daripada pikiran monyet Anda. Kemungkinannya adalah jika Anda tertarik untuk mengubah pikiran dan pola perilaku Anda sejak awal, mungkin perilaku Andalah yang memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Memantau perilaku Anda adalah upaya aktif, tetapi tidak harus melibatkan meditasi. Itu hanya harus melibatkan memperhatikan bagaimana perilaku Anda membuat Anda merasa. Terkadang, perilaku yang ingin Anda ubah adalah perilaku yang telah Anda jadikan kebiasaan. Itu berarti, mungkin sulit untuk tidak melakukannya bahkan jika Anda menyesalinya sesudahnya. Jadi, perlakukan perilaku ini seperti Anda memperlakukan pikiran mengganggu Anda dalam latihan mindfulness di atas. Artinya, jangan menyalahkan diri sendiri, perhatikan saja bagaimana perasaan itu membuat Anda merasa dan lihat jenis tren apa yang mungkin Anda perhatikan. Ini dapat melakukan dua hal penting.

Pertama, ini dapat membantu Anda memahami rantai peristiwa yang dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan atau peristiwa terisolasi yang dapat memicu perilaku tersebut. Misalnya, mungkin Anda hanya berperilaku tidak diinginkan ketika Anda bersama orang-orang tertentu, atau jika Anda sedang mabuk, atau ketika Anda mengalami hari yang buruk di tempat kerja. Setelah Anda mengenali hal-hal yang mengarah pada perilaku yang tidak diinginkan, Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat mengganggu rantai peristiwa.

Kedua, mengingatkan diri sendiri tentang perasaan negatif yang Anda miliki setelah melakukan perilaku yang tidak diinginkan dapat membantu Anda menghindarinya. Kadang-kadang, kita tahu bahwa kita sedang berdebat terlibat dalam perilaku negatif, tetapi kita bisa melupakan bagaimana perasaan kita di kemudian hari. Mengingatkan diri Anda tentang penyesalan masa lalu atas perilaku Anda sebelum melakukannya dapat membantu Anda meyakinkan diri sendiri bahwa perilaku tersebut tidak sepadan.

3. Memahami Pola Perilaku Anda melalui Orang-Orang Di Sekitar Anda

Terkadang, kita tidak mengerti apa yang salah dengan perilaku kita, kita hanya tahu bahwa itu menyakiti orang-orang di sekitar kita. Jika ini masalahnya, mungkin sulit untuk memantau pola perilaku dan perasaan Anda sendiri seperti yang dijelaskan di atas, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tanpa harapan.

Jika Anda tidak mengerti bagaimana perilaku Anda menyakiti orang lain atau bahkan perilaku mana yang menyebabkan masalah, Anda sering dapat mengetahuinya dengan bertanya kepada mereka. Ini bisa terasa sedikit canggung, tetapi jika Anda tulus dengan orang lain ketika Anda bertanya kepada mereka, mereka biasanya akan mengerti dan menawarkan nasihat mereka.

Jika Anda tahu perilaku apa yang ingin Anda ubah, Anda dapat dengan mudah menjangkau orang-orang yang terpengaruh. Cobalah memulai percakapan dengan sesuatu seperti, "Saya mencoba mengubah X tentang diri saya, dan saya pikir itu akan lebih mudah bagi saya jika saya mengerti bagaimana perasaan orang lain."

Jika Anda tidak tahu perilaku apa yang ingin Anda ubah Anda hanya tahu bahwa perlu ada perubahan, akan lebih sulit untuk menemukan orang yang bisa diajak bicara. Pertimbangkan untuk memulai dengan orang-orang yang dekat dengan Anda, seperti anggota keluarga dan rekan kerja. Anda tidak perlu memulai dengan "memiliki" perilaku negatif Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat memulai percakapan dengan sesuatu seperti, "Saya mencoba menjadi orang yang lebih baik, tetapi saya tidak tahu harus mulai dari mana. Apakah ada hal-hal yang saya lakukan atau katakan yang membuat Anda kesal?"

Ini mungkin tampak seperti membuka diri terhadap beberapa umpan balik yang menyakitkan. Menghadapi bahwa Anda perlu mengubah perilaku Anda bisa jadi sulit, tetapi ini adalah perjalanan yang sudah Anda mulai. Jika Anda jujur ​​dengan seseorang ketika meminta bantuan mereka, mereka tidak akan menggunakannya sebagai alasan untuk membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri. Cobalah untuk mengingat bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik Anda, bahkan jika mereka memberikan beberapa umpan balik yang mungkin sulit untuk didengar.

4. Memahami Pola Pikiran Dan Perilaku Anda Melalui Observasi

Memahami dari mana pola pikir atau perilaku Anda berasal dapat membantu Anda mengubahnya menjadi lebih baik. Terkadang kita tidak tahu dari mana pola pikir atau perilaku kita berasal. Namun, di lain waktu, kita mungkin dapat mengenali pikiran atau pola perilaku negatif kita pada orang-orang di sekitar kita. Bisa jadi ini adalah orang-orang yang kita ambil dari mereka. Terkadang kita mengambil perilaku negatif dari orang tua, rekan kerja, atau teman. Seringkali, kita memahami bahwa kita telah berperilaku tidak dapat diterima ketika kita mengenali diri kita sendiri dalam diri orang lain.

Mengidentifikasi di mana Anda mengambil perilaku yang tidak diinginkan dapat membantu Anda memahami bagaimana menghindarinya serta di mana tidak mencari nasihat untuk memperbaikinya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Pikiran Dan Pola Perilaku Anda Menjadi Lebih Baik"