Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan Antara ADHD dan Kebosanan

Cara mengatasi kebosanan
Merasa bosan biasanya terjadi ketika tidak ada di lingkungan Anda yang menarik minat atau perhatian Anda. Kebosanan mungkin dimulai dengan pikiran Anda, tetapi itu dapat dengan cepat memengaruhi tubuh dan emosi Anda juga.

Misalnya, Anda mungkin merasa gelisah atau lelah dan suasana hati Anda bisa anjlok. Kebosanan adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh penderita ADHD dan akan berusaha keras untuk menghindarinya.

Tanda-tanda Umum Kebosanan

Berapa banyak yang terdengar familiar?
  • Anda menutup telepon jika Anda sedang menunggu; bahkan jika Anda berada di tengah sedang menyelesaikan masalah penting.
  • Anda makan sesuatu, meskipun Anda tidak lapar.
  • Anda menelepon orang yang tidak begitu Anda sukai, hanya untuk memiliki seseorang untuk diajak bicara.
  • Anda menunda tidur sampai Anda benar-benar lelah untuk menghindari kebosanan berbaring di tempat tidur menunggu untuk tertidur.
  • Anda membuat argumen dengan penyedia layanan atau seseorang yang Anda cintai.
  • Anda bertindak dengan cara yang berpotensi berbahaya. Misalnya, Anda menyalip pengemudi yang lambat meskipun tidak sepenuhnya aman karena mengemudi di belakangnya membosankan.
Kebalikan dari bosan adalah tertarik, bersemangat, dan ceria.

Orang dewasa dengan ADHD selalu mencari hal-hal yang baru atau merangsang karena ketika mereka tertarik pada sesuatu, fungsi eksekutif otak bekerja dengan baik dan otak bekerja dengan baik.

Ketika suatu tugas membosankan atau biasa-biasa saja, tidak hanya sangat sulit untuk tetap terlibat secara mental, ada juga konsekuensi negatif lainnya. Misalnya, kantuk di siang hari di mana Anda tertidur di tengah aktivitas meskipun Anda sudah cukup tidur di malam sebelumnya. Beberapa orang mengalami depresi jika lingkungan mereka tidak merangsang.

Cara Menghindari Kebosanan

Kenali diri Anda dan cara favorit Anda untuk menghindari kebosanan. Penghilang kebosanan termasuk mencoba yang baru dan berbeda, menghabiskan waktu bersama orang-orang, melakukan aktivitas yang memacu adrenalin, mengambil risiko, memecahkan masalah, menambahkan gerakan, 'langsung', dll. 

Ketika Anda mengetahui cara favorit Anda, rancang hidup Anda di sekitar hal-hal itu, sehingga setiap hari menarik bagi Anda. Ini termasuk pekerjaan Anda dan bagaimana Anda mendekati tugas-tugas dalam deskripsi pekerjaan Anda, hobi Anda, dan juga bagaimana Anda melakukan tugas-tugas kehidupan sehari-hari; seperti pekerjaan rumah.

1. Dipersiapkan

Hidup ini penuh dengan penundaan, jadi miliki berbagai kegiatan di tangan. Misalnya, jika Anda sedang terbang, ambillah majalah yang bersifat visual, buku yang bisa membuat Anda asyik, serta buku teka-teki.

Jangan biarkan hal-hal kebetulan dan berharap akan ada film yang bagus untuk ditonton atau Anda akan duduk di sebelah seseorang yang menghibur.

2. Gunakan Timer

Menggunakan pengatur waktu bahkan dapat membuat hal-hal yang paling membosankan menjadi menarik, karena hal itu menciptakan rasa urgensi dan kegembiraan. Mainkan game dengan diri Anda sendiri. Misalnya, lihat apakah Anda bisa mencuci semua dalam 15 menit.

3. Keseimbangan

Adalah baik untuk memiliki kesadaran diri bahwa Anda tidak suka merasa bosan sehingga Anda dapat melakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindarinya. Namun, jangan terlalu takut bosan sehingga Anda akan melakukan apa saja untuk menghindarinya.

Beginilah kecelakaan terjadi. Jika Anda bosan, itu memberdayakan untuk mengetahui bahwa Anda dapat duduk dengannya selama beberapa saat.

Meditasi dan olahraga adalah dua kebiasaan sehari-hari yang membantu Anda menanggung bagian membosankan yang tak terduga dari hari Anda.

Bagaimana Menoleransi Kebosanan

Sayangnya, kebosanan bukanlah sesuatu yang selalu bisa dihindari. Penting untuk mempelajari bagaimana menemukan cara untuk mengatasi saat-saat ini untuk menghindari perilaku yang mungkin tidak adaptif atau sesuai untuk situasi tersebut.

1. Temukan Fokus

Pada saat-saat ketika Anda menghadapi kebosanan, carilah sesuatu yang dapat Anda fokuskan. Apakah ada masalah yang Anda hadapi yang perlu dipecahkan? Buatlah daftar mental dari solusi yang mungkin. Menemukan fokus mental selama momen-momen membosankan ini dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari kebosanan dan menggunakan waktu Anda secara konstruktif.

2. Berlatih Perhatian

Hal ini juga dapat membantu untuk terlibat dalam saat-saat singkat pemikiran penuh perhatian. Perhatikan bagaimana perasaan Anda saat ini. Luangkan beberapa saat hanya untuk fokus pada pikiran Anda sendiri saat itu terjadi. Cobalah fokus pada pernapasan Anda sendiri. Jika Anda menemukan pikiran Anda mengembara, kembalikan perhatian Anda ke saat ini.

3. Melamun

Jika Anda merasa benar-benar bosan dengan tugas sehari-hari yang membosankan (melipat cucian, mencuci piring, dll.), coba biarkan pikiran Anda mengembara.

Ini memberi Anda kemampuan untuk memikirkan hal-hal yang membawa kegembiraan atau minat Anda, sambil tetap menyelesaikan pekerjaan monoton yang hanya perlu diselesaikan.

Posting Komentar untuk "Hubungan Antara ADHD dan Kebosanan"