Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Gangguan Kecemasan Dan Cara Mengobatinya

Jenis gangguan kecemasan umum

Apa Itu Gangguan Kecemasan?

Kecemasan adalah emosi yang normal. Ini adalah cara otak Anda bereaksi terhadap stres dan memperingatkan Anda tentang potensi bahaya di depan. Semua orang merasa cemas sekarang dan kemudian. Misalnya, Anda mungkin khawatir ketika menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum mengikuti ujian, atau sebelum membuat keputusan penting.

Kecemasan sesekali tidak apa-apa. Tetapi gangguan kecemasan berbeda. Mereka adalah sekelompok penyakit mental yang menyebabkan kecemasan dan ketakutan yang konstan dan luar biasa. Kecemasan yang berlebihan dapat membuat Anda menghindari pekerjaan, sekolah, kumpul-kumpul keluarga, dan situasi sosial lainnya yang dapat memicu atau memperburuk gejala Anda. Dengan pengobatan,  banyak orang dengan gangguan kecemasan dapat mengelola perasaan mereka.

Jenis Gangguan Kecemasan

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan:
  • Gangguan kecemasan umum. Anda merasakan kekhawatiran dan ketegangan yang berlebihan dan tidak realistis dengan sedikit atau tanpa alasan.
  • Gangguan panik. Anda merasakan ketakutan yang tiba-tiba dan intens yang menyebabkan serangan panik. Selama serangan panik, Anda mungkin berkeringat, nyeri dada, dan detak jantung berdebar (palpitasi). Terkadang Anda mungkin merasa seperti tersedak atau mengalami serangan jantung.
  • Gangguan kecemasan sosial. Juga disebut fobia sosial, ini adalah saat Anda merasakan kekhawatiran dan kesadaran diri yang luar biasa tentang situasi sosial sehari-hari. Anda secara obsesif khawatir tentang orang lain yang menilai Anda atau merasa malu atau diejek.
  • Fobia spesifik. Anda merasakan ketakutan yang intens terhadap objek atau situasi tertentu, seperti ketinggian atau terbang. Ketakutan melampaui apa yang pantas dan dapat menyebabkan Anda menghindari situasi biasa.
  • Agoraphobia. Anda memiliki ketakutan yang kuat berada di tempat di mana tampaknya sulit untuk melarikan diri atau mendapatkan bantuan jika terjadi keadaan darurat. Misalnya, Anda mungkin panik atau merasa cemas saat berada di pesawat terbang, transportasi umum, atau berdiri dalam antrean orang banyak.
  • Kecemasan perpisahan. Anak-anak kecil bukan satu-satunya yang merasa takut atau cemas ketika orang yang dicintai pergi. Siapapun bisa mendapatkan gangguan kecemasan perpisahan. Jika ya, Anda akan merasa sangat cemas atau takut ketika seseorang yang dekat dengan Anda meninggalkan pandangan Anda. Anda akan selalu khawatir bahwa sesuatu yang buruk mungkin terjadi pada orang yang Anda cintai.
  • Bisu selektif. Ini adalah jenis kecemasan sosial di mana anak-anak muda yang berbicara secara normal dengan keluarga mereka tidak berbicara di depan umum, seperti di sekolah.
  • Gangguan kecemasan akibat obat. Penggunaan obat-obatan tertentu atau obat-obatan terlarang, atau penarikan dari obat-obatan tertentu, dapat memicu beberapa gejala gangguan kecemasan.

Gejala Gangguan Kecemasan

Gejala utama gangguan kecemasan adalah rasa takut atau khawatir yang berlebihan. Gangguan kecemasan juga dapat membuat sulit bernapas, tidur, diam, dan berkonsentrasi. Gejala spesifik Anda tergantung pada jenis gangguan kecemasan yang Anda miliki. Gejala umum adalah:
  • Panik, takut, dan gelisah
  • Perasaan panik, malapetaka, atau bahaya
  • Masalah tidur
  • Tidak bisa tetap tenang dan diam
  • Tangan atau kaki dingin, berkeringat, mati rasa, atau kesemutan
  • Sesak napas
  • Bernapas lebih cepat dan lebih cepat dari biasanya (hiperventilasi)
  • Palpitasi jantung
  • Mulut kering
  • Mual
  • Otot-otot tegang
  • Pusing
  • Memikirkan masalah berulang-ulang dan tidak bisa berhenti (perenungan)
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
  • Secara intens atau obsesif menghindari objek atau tempat yang ditakuti

Penyebab dan Faktor Risiko Gangguan Kecemasan

Para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan gangguan kecemasan. Campuran kompleks dari berbagai hal berperan dalam siapa yang mendapatkan dan tidak mendapatkannya.

Penyebab Gangguan Kecemasan

Beberapa penyebab gangguan kecemasan adalah:
  • Genetika. Gangguan kecemasan dapat diturunkan dalam keluarga.
  • Kimia otak. Beberapa penelitian menunjukkan gangguan kecemasan mungkin terkait dengan sirkuit yang salah di otak yang mengendalikan rasa takut dan emosi.
  • Stres lingkungan. Ini mengacu pada peristiwa stres yang Anda lihat atau alami. Peristiwa hidup yang sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan termasuk pelecehan dan penelantaran masa kanak-kanak, kematian orang yang dicintai, atau diserang atau melihat kekerasan.
  • Penarikan atau penyalahgunaan obat. Obat-obatan tertentu dapat digunakan untuk menyembunyikan atau mengurangi gejala kecemasan tertentu. Gangguan kecemasan sering berjalan seiring dengan alkohol dan penggunaan zat.
  • Kondisi medis. Beberapa kondisi jantung, paru-paru, dan tiroid dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan gangguan kecemasan atau memperburuk gejala kecemasan. Penting untuk mendapatkan pemeriksaan fisik lengkap untuk menyingkirkan kondisi medis lainnya ketika berbicara dengan dokter Anda tentang kecemasan.

Faktor Risiko Gangguan Kecemasan

Beberapa hal juga membuat Anda lebih mungkin mengembangkan gangguan kecemasan. Ini disebut faktor risiko. Beberapa faktor risiko tidak dapat Anda ubah, tetapi yang lain dapat Anda ubah. Faktor risiko untuk gangguan kecemasan meliputi:
  • Riwayat gangguan kesehatan mental. Memiliki gangguan kesehatan mental lain, seperti depresi, meningkatkan risiko gangguan kecemasan.
  • Pelecehan seksual di masa kecil. Pelecehan atau pengabaian emosional, fisik, dan seksual selama masa kanak-kanak terkait dengan gangguan kecemasan di kemudian hari.
  • Trauma. Hidup melalui peristiwa traumatis meningkatkan risiko gangguan stres pascatrauma (PTSD), yang dapat menyebabkan serangan panik.
  • Peristiwa kehidupan yang negatif. Peristiwa kehidupan yang penuh tekanan atau negatif, seperti kehilangan orang tua di masa kanak-kanak, meningkatkan risiko gangguan kecemasan.
  • Penyakit parah atau kondisi kesehatan kronis. Kekhawatiran terus-menerus tentang kesehatan Anda atau kesehatan orang yang Anda cintai, atau merawat seseorang yang sakit, dapat menyebabkan Anda merasa kewalahan dan cemas.
  • Penyalahgunaan zat. Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan gangguan kecemasan. Beberapa orang juga menggunakan zat ini untuk menyembunyikan atau meredakan gejala kecemasan.
  • Menjadi pemalu sebagai seorang anak. Rasa malu dan menarik diri dari orang dan tempat asing selama masa kanak-kanak terkait dengan kecemasan sosial pada remaja dan orang dewasa.
  • Harga diri rendah. Persepsi negatif tentang diri Anda dapat menyebabkan gangguan kecemasan sosial.

Diagnosis Gangguan Kecemasan

Jika Anda memiliki gejala, dokter Anda akan memeriksa Anda dan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda. Mereka mungkin menjalankan tes untuk menyingkirkan kondisi kesehatan lain yang mungkin menyebabkan gejala Anda. Tidak ada tes laboratorium yang secara khusus dapat mendiagnosis gangguan kecemasan.

Jika dokter Anda tidak menemukan alasan fisik untuk perasaan Anda, mereka mungkin akan mengirim Anda ke psikiater , psikolog, atau spesialis kesehatan mental lainnya. Dokter tersebut akan mengajukan pertanyaan dan menggunakan alat dan pengujian untuk mengetahui apakah Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan.

Dokter Anda akan mempertimbangkan berapa lama Anda mengalami gejala dan seberapa intens gejala tersebut saat mendiagnosis Anda. Penting untuk memberi tahu dokter atau konselor Anda jika kecemasan Anda membuat Anda sulit menikmati atau menyelesaikan tugas sehari-hari di rumah, kantor, atau sekolah.

Perawatan Gangguan Kecemasan

Ada banyak perawatan untuk mengurangi dan mengelola gejala gangguan kecemasan. Biasanya, orang dengan gangguan kecemasan minum obat dan pergi ke konseling. Perawatan untuk gangguan kecemasan meliputi:

Obat. Beberapa jenis obat digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan. Bicaralah dengan dokter atau psikiater Anda tentang pro dan kontra dari setiap obat untuk memutuskan mana yang terbaik untuk Anda. Obat tersebut antara lain: Antidepresan, bupropion, benzodiazepin, beta-blocker, antikonvulsan, antipsikotik, buspiron.

Psikoterapi. Ini adalah jenis konseling yang membantu Anda mempelajari bagaimana emosi memengaruhi perilaku Anda. Kadang-kadang disebut terapi bicara. Seorang spesialis kesehatan mental terlatih mendengarkan dan berbicara kepada Anda tentang pikiran dan perasaan Anda dan menyarankan cara untuk memahami dan mengelolanya dan gangguan kecemasan Anda.

Perilaku kognitif terapi (CBT): Jenis umum dari psikoterapi mengajarkan Anda bagaimana mengubah negatif, atau panik menyebabkan, pikiran dan perilaku menjadi positif. Anda akan belajar cara untuk mendekati dan mengelola situasi yang menakutkan atau mengkhawatirkan dengan hati-hati tanpa kecemasan. Beberapa tempat menawarkan sesi CBT keluarga.

Mengelola Gejala Gangguan Kecemasan

Kiat-kiat ini dapat membantu Anda mengendalikan atau mengurangi gejala Anda:
  • Pelajari tentang gangguan Anda. Semakin banyak Anda tahu, semakin siap Anda untuk mengelola gejala dan hambatan di sepanjang jalan. Jangan takut untuk bertanya kepada dokter Anda pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki. Ingat, Anda adalah bagian penting dari tim perawatan kesehatan Anda.
  • Tetap pada rencana perawatan Anda. Tiba-tiba menghentikan obat Anda dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan dapat memicu gejala kecemasan.
  • Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cola, minuman energi, dan cokelat. Kafein adalah obat pengubah suasana hati, dan dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.
  • Jangan menggunakan alkohol dan narkoba jalanan untuk rekreasi. Penyalahgunaan zat meningkatkan risiko gangguan kecemasan.
  • Makan dengan benar dan berolahraga. Latihan aerobik cepat seperti jogging dan bersepeda membantu melepaskan zat kimia otak yang mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda.
  • Dapatkan tidur yang lebih baik. Masalah tidur dan gangguan kecemasan sering berjalan beriringan. Jadikan istirahat yang baik sebagai prioritas. Ikuti rutinitas waktu tidur yang menenangkan. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda masih kesulitan tidur.
  • Belajarlah untuk bersantai. Manajemen stres adalah bagian penting dari rencana perawatan gangguan kecemasan Anda. Hal-hal seperti meditasi, atau perhatian, dapat membantu Anda bersantai setelah hari yang menegangkan dan dapat membuat perawatan Anda bekerja lebih baik.
  • Buat jurnal. Menuliskan pikiran Anda sebelum hari itu turun dapat membantu Anda rileks sehingga Anda tidak terombang-ambing dengan pikiran cemas sepanjang malam.
  • Kelola pikiran negatif Anda. Memikirkan pikiran positif alih-alih yang mengkhawatirkan dapat membantu mengurangi kecemasan. Namun, ini bisa menjadi tantangan jika Anda memiliki jenis kecemasan tertentu. Terapi perilaku kognitif dapat mengajari Anda cara mengarahkan pikiran Anda.
  • Berkumpul bersama teman-teman. Baik secara langsung, melalui telepon, atau komputer, koneksi sosial membantu orang berkembang dan tetap sehat. Orang-orang yang memiliki sekelompok teman dekat yang mendukung dan mengobrol dengan mereka memiliki tingkat kecemasan sosial yang lebih rendah.
  • Mencari dukungan. Beberapa orang merasa terbantu dan bersemangat untuk berbicara dengan orang lain yang mengalami gejala dan emosi yang sama. Kelompok swadaya atau dukungan memungkinkan Anda berbagi kekhawatiran dan pencapaian Anda dengan orang lain yang pernah atau pernah ke sana.
  • Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda sebelum mengonsumsi obat bebas atau obat herbal. Banyak yang memiliki bahan kimia yang dapat memperburuk gejala kecemasan.

Prospek Gangguan Kecemasan

Bisa jadi menantang dan membuat frustrasi untuk hidup dengan gangguan kecemasan. Kekhawatiran dan ketakutan yang terus-menerus dapat membuat Anda merasa lelah dan takut. Jika Anda telah berbicara dengan dokter tentang gejala Anda, maka Anda telah mengambil langkah pertama untuk melepaskan kekhawatiran.

Butuh beberapa waktu untuk menemukan perawatan yang tepat yang cocok untuk Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu gangguan kecemasan, Anda mungkin memerlukan beberapa jenis perawatan. Bagi kebanyakan orang dengan gangguan kecemasan, kombinasi obat dan konseling adalah yang terbaik. Dengan perawatan dan pengobatan yang tepat, Anda dapat mempelajari cara mengelola gejala dan berkembang.

Posting Komentar untuk "Jenis Gangguan Kecemasan Dan Cara Mengobatinya"