Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Optimisme yang Dipelajari dalam Hidup Anda

Bagaimana menjadi lebih optmis
Optimisme yang dipelajari melibatkan pengembangan kemampuan untuk memandang dunia dari sudut pandang positif. Ini sering dikontraskan dengan ketidakberdayaan yang dipelajari. Dengan menantang self-talk negatif dan mengganti pikiran pesimis dengan yang lebih positif, orang dapat belajar bagaimana menjadi lebih optimis.

Manfaat Optimisme

Ada sejumlah keuntungan menjadi orang yang lebih optimis. Beberapa dari banyak keuntungan optimisme yang ditemukan para peneliti antara lain:
  • Hasil kesehatan yang lebih baik : Sebuah meta-analisis dari 83 studi menemukan bahwa optimisme memainkan peran penting dalam hasil kesehatan untuk penyakit kardiovaskular, kanker, nyeri, gejala fisik, dan kematian.
  • Kesehatan mental yang lebih baik : Orang optimis melaporkan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi daripada orang yang pesimis. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengajarkan teknik optimisme yang dipelajari dapat mengurangi depresi secara signifikan.
  • Motivasi yang lebih tinggi : Menjadi lebih optimis juga dapat membantu Anda mempertahankan motivasi saat mengejar tujuan. Saat mencoba menurunkan berat badan, misalnya, orang yang pesimis mungkin menyerah karena mereka yakin diet tidak pernah berhasil. Sebaliknya, orang yang optimis lebih cenderung berfokus pada perubahan positif yang dapat mereka buat yang akan membantu mereka mencapai tujuan.
  • Umur lebih panjang : Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang optimis cenderung hidup lebih lama daripada orang yang pesimis.
  • Tingkat stres yang lebih rendah : Orang yang optimis tidak hanya mengalami lebih sedikit stres, tetapi mereka juga mengatasinya dengan lebih baik. Mereka cenderung lebih tangguh dan pulih dari kemunduran lebih cepat. Daripada menjadi kewalahan dan putus asa oleh peristiwa negatif, mereka fokus untuk membuat perubahan positif yang akan meningkatkan kehidupan mereka.
Dalam sebuah penelitian, anak-anak dengan faktor risiko depresi ditempatkan dalam program pelatihan di mana mereka diajari keterampilan yang berkaitan dengan optimisme yang dipelajari.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak dengan faktor risiko jauh lebih mungkin untuk menunjukkan gejala depresi sedang hingga berat pada dua tahun masa tindak lanjut. Namun, mereka yang telah menerima pelatihan dalam mempelajari optimisme dan keterampilan anti-depresi kemungkinan setengahnya untuk mengembangkan gejala depresi tersebut.

Optimisme vs. Pesimisme

Orang pesimis cenderung percaya bahwa hal-hal buruk pasti akan terjadi, bahwa mereka salah, dan bahwa hasil negatif akan permanen. Sebaliknya, orang optimis mengharapkan hal-hal baik akan terjadi pada mereka. Mereka cenderung melihat kemunduran sebagai peristiwa sementara yang disebabkan oleh keadaan. Ketimbang menyerah atau merasa tidak berdaya saat menghadapi kegagalan, orang yang optimis memandangnya sebagai tantangan yang bisa diatasi atau diperbaiki.

Orang optimis dan pesimis cenderung berbeda dalam hal gaya penjelasan,atau cara mereka menjelaskan peristiwa yang terjadi dalam hidup mereka. Perbedaan utama dalam gaya penjelas ini cenderung berpusat pada:
  • Permanen : Orang optimis cenderung memandang waktu buruk sebagai hal yang sementara. Karena itu, mereka juga cenderung lebih mampu untuk bangkit kembali setelah kegagalan atau kemunduran. Orang pesimis lebih cenderung melihat peristiwa negatif sebagai permanen dan tidak dapat diubah. Inilah sebabnya mengapa mereka lebih cenderung menyerah ketika keadaan menjadi sulit.
  • Personalisasi : Ketika ada yang salah, orang yang optimis cenderung menyalahkan kekuatan atau keadaan eksternal. Orang pesimis, di sisi lain, lebih cenderung menyalahkan diri sendiri atas peristiwa yang tidak menguntungkan dalam hidup mereka. Pada saat yang sama, orang yang optimis cenderung melihat peristiwa yang baik sebagai hasil dari upaya mereka sendiri, sementara orang yang pesimis mengaitkan hasil yang baik dengan pengaruh eksternal.
  • Pervasiveness : Ketika orang yang optimis mengalami kegagalan di satu bidang, mereka tidak membiarkannya memengaruhi keyakinan mereka tentang kemampuan mereka di bidang lain. Namun, orang pesimis memandang kemunduran sebagai hal yang lebih meluas. Dengan kata lain, jika mereka gagal dalam satu hal, mereka yakin mereka akan gagal dalam segala hal.

Asal Usul Optimisme

Optimisme yang dipelajari adalah konsep yang muncul dari cabang psikologi yang relatif muda yang dikenal sebagai psikologi positif. Optimisme yang dipelajari diperkenalkan oleh psikolog Martin Seligman, yang dianggap sebagai bapak gerakan psikologi positif.
 
Menurut Seligman, proses belajar menjadi optimis merupakan cara penting untuk membantu masyarakat memaksimalkan kesehatan mentalnya dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Seligman sendiri mengemukakan bahwa awalnya karyanya berfokus pada pesimisme. Sebagai psikolog klinis, ia cenderung mencari masalah dan cara mengatasinya. Baru setelah seorang teman menunjukkan bahwa karyanya benar-benar tentang optimisme, dia benar-benar mulai fokus pada bagaimana mengambil apa yang baik dan menjadikannya lebih baik.

1. Ketidakberdayaan yang Dipelajari

Pekerjaan Seligman di awal karirnya berpusat pada apa yang dikenal sebagai ketidakberdayaan yang dipelajari, yang melibatkan menyerah ketika Anda percaya bahwa tidak ada yang Anda lakukan akan membuat perbedaan.

Gaya penjelasan memainkan peran dalam ketidakberdayaan yang dipelajari ini. Bagaimana orang menjelaskan hal-hal yang terjadi pada mereka, apakah mereka memandangnya sebagai disebabkan oleh kekuatan luar atau internal, berkontribusi pada apakah orang mengalami ketidakberdayaan ini atau tidak.

2. Arah Baru dalam Psikologi

Akibat pergeseran paradigma ini, Seligman menulis sebuah buku yang berfokus pada psikologi optimisme yang dipelajari. Karyanya membantu menginspirasi kebangkitan psikologi positif. Seligman kemudian menjadi presiden American Psychological Association, dipilih dengan suara terbanyak dalam sejarah APA. Temanya untuk tahun ini berpusat pada subjek psikologi positif.

Psikologi hanya setengah terbentuk, dia yakin. Di mana ada badan penelitian dan praktik yang solid tentang bagaimana mengobati penyakit mental, trauma, dan penderitaan psikologis, sisi lain yang berfokus pada bagaimana menjadi bahagia dan bagaimana menjalani hidup yang baik, masih dalam tahap awal. Dia percaya bahwa jika orang bisa belajar bagaimana menjadi optimis, mereka bisa menuju kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Bisakah Anda Mempelajari Optimisme?

Meskipun terlihat jelas bahwa optimisme dapat bermanfaat, namun kemudian menjadi pertanyaan apakah orang dapat belajar untuk mengambil perspektif yang lebih positif atau tidak. Bisakah orang yang paling pesimis menyesuaikan pandangan dunia mereka?

1. Alam vs. Pemeliharaan

Peneliti menyarankan bahwa selain sebagian turun-temurun, tingkat optimisme juga dipengaruhi oleh pengalaman masa kanak-kanak, termasuk kehangatan orang tua dan stabilitas finansial.

Namun, pekerjaan Seligman menunjukkan bahwa mempelajari keterampilan yang dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih optimis adalah hal yang mungkin. Siapa pun dapat mempelajari keterampilan ini, tidak peduli seberapa pesimisnya mereka, untuk memulai.

2. Waktu Optimal untuk Mengembangkan Optimisme

Penelitian Seligman menunjukkan bahwa mungkin bermanfaat untuk mengajarkan keterampilan optimisme pada anak-anak cukup terlambat di masa kanak-kanak sehingga anak-anak memiliki keterampilan metakognitif untuk memikirkan pikiran mereka sendiri, tetapi sebelum masa pubertas. Mengajar keterampilan seperti itu selama periode kritis ini mungkin menjadi kunci untuk membantu anak-anak menangkal sejumlah penyakit psikologis, termasuk depresi.

3. Model ABCDE

Seligman percaya bahwa setiap orang bisa belajar bagaimana menjadi lebih optimis. Dia mengembangkan tes optimisme terpelajar yang dirancang untuk membantu orang menemukan betapa optimisnya mereka. Orang yang memulai dengan lebih optimis dapat lebih meningkatkan kesehatan emosionalnya sendiri, sedangkan mereka yang lebih pesimis dapat memperoleh manfaat dengan menurunkan kemungkinan mengalami gejala depresi.

Pendekatan Seligman untuk belajar optimisme didasarkan pada teknik perilaku-kognitif yang dikembangkan oleh Aaron Beck dan terapi perilaku emosi rasional yang diciptakan oleh Albert Ellis. Kedua pendekatan tersebut difokuskan untuk mengidentifikasi pemikiran mendasar yang memengaruhi perilaku dan kemudian secara aktif menantang keyakinan tersebut.

Pendekatan Seligman dikenal sebagai model "ABCDE" dari optimisme yang dipelajari:
  • Adversity : Situasi yang membutuhkan tanggapan
  • Belief : Bagaimana kami menafsirkan acara tersebut
  • Consequence : Cara kita berperilaku, menanggapi, atau merasakan
  • Disputation : Upaya yang kita lakukan untuk membantah atau membantah keyakinan
  • Energization : Hasil yang muncul dari upaya untuk menantang keyakinan kita

4. Adversity

Pikirkan tentang jenis kesulitan yang baru-baru ini Anda hadapi. Mungkin sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan Anda, keluarga Anda, hubungan Anda, pekerjaan Anda, atau jenis tantangan lain yang mungkin Anda alami. Misalnya, bayangkan Anda baru-baru ini memulai rencana olahraga baru tetapi kesulitan mematuhinya.

5. Belief

Catat jenis pikiran yang ada di benak Anda ketika Anda memikirkan kesulitan ini. Bersikaplah sejujur ​​mungkin dan jangan mencoba menutupi atau mengubah perasaan Anda.

Pada contoh sebelumnya, Anda mungkin memikirkan hal-hal seperti "Saya tidak pandai mengikuti rencana latihan saya", "Saya tidak akan pernah bisa mencapai tujuan saya", atau "Mungkin saya tidak cukup kuat untuk mencapai tujuan saya".

6. Consequence

Pertimbangkan konsekuensi dan perilaku seperti apa yang muncul dari keyakinan yang Anda catat di langkah 2. Apakah keyakinan tersebut menghasilkan tindakan positif, atau menghalangi Anda mencapai tujuan?

Dalam contoh kami, Anda mungkin segera menyadari bahwa keyakinan negatif yang Anda ungkapkan membuat lebih sulit untuk tetap berpegang pada rencana olahraga Anda. Mungkin Anda mulai lebih sering melewatkan latihan atau mengurangi usaha saat pergi ke gym.

7. Disputation

Sengketa keyakinan Anda. Pikirkan tentang keyakinan Anda dari langkah 2  dan cari contoh yang membuktikan keyakinan tersebut salah. Carilah contoh yang menantang asumsi Anda.

Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan setiap saat Anda berhasil menyelesaikan latihan Anda. Atau bahkan di waktu lain ketika Anda telah menetapkan tujuan, bekerja untuk itu, dan akhirnya mencapainya.

8. Energization

Pertimbangkan bagaimana perasaan Anda sekarang setelah Anda menantang keyakinan Anda. Bagaimana perasaan Anda saat memperdebatkan keyakinan Anda sebelumnya?

Setelah memikirkan saat-saat Anda telah bekerja keras untuk mencapai tujuan Anda, Anda mungkin merasa lebih bersemangat dan termotivasi. Sekarang setelah Anda melihat bahwa hal itu tidaklah separah yang Anda yakini sebelumnya, Anda mungkin lebih terinspirasi untuk terus bekerja pada tujuan Anda.

Kritik & Potensi Jebakan

Beberapa kritikus berpendapat bahwa beberapa program pelatihan optimisme yang dipelajari tidak hanya mengajarkan orang untuk menjadi lebih optimis dan lebih banyak tentang mengurangi pesimisme. Peneliti lain percaya bahwa gaya penjelas mungkin sebenarnya kurang berkaitan dengan optimisme daripada yang diyakini sebelumnya.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa optimisme mungkin juga memiliki sisi negatif. Orang yang terlalu optimis dan mungkin tidak realistis cenderung cenderung narsisme. Memiliki bias optimisme juga dapat membuat orang mengambil risiko yang sehat dan terlibat dalam perilaku berisiko karena mereka meremehkan tingkat bahayanya sendiri.

Sementara beberapa penelitian menunjukkan potensi jebakan karena terlalu optimis, sebagian besar penelitian mendukung gagasan bahwa ada hubungan positif antara optimisme dan kesehatan secara keseluruhan. Optimisme, misalnya, adalah prediktor untuk kesehatan fisik yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Akhir Kata

Mungkin hal yang paling menggembirakan tentang optimisme adalah bahwa optimisme melibatkan keterampilan yang dapat dipelajari dan dipraktikkan. Pada akhirnya, optimisme yang dipelajari adalah lebih dari sekadar meningkatkan kesejahteraan Anda atau menangkal penyakit psikologis seperti depresi atau harga diri yang rendah.

Seligman menyarankan bahwa itu juga bisa menjadi jalan untuk menemukan tujuan hidup Anda. "Optimisme sangat berharga untuk kehidupan yang bermakna. Dengan keyakinan kuat akan masa depan yang positif, Anda dapat menyerahkan diri Anda pada pelayanan yang lebih besar dari Anda," jelasnya.

Posting Komentar untuk "Menggunakan Optimisme yang Dipelajari dalam Hidup Anda"