Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kebiasaan Yang Membuat Anda Insecure

Cara mengatasi insecure
Kebiasaan yang membuat Anda insecure. Hay Introvert, apakah Anda merasa tidak nyaman ketika berbicara dengan seseorang yang Anda anggap sempurna dan ini membuat Anda tidak nyaman dan rendah diri yang sering kita sebut sebagai insecure. Tapi, apakah Anda pikir inilah salah satu paket dari emosi yang harus Anda miliki sejak Anda dilahirkan?

Banyak orang mungkin berpikir bahwa insecure adalah ciri kepribadian, padahal tidak. Nick Wignall seorang psikolog dan penulis juga bahwa cara terbaik untuk keluar dari siklus insecure adalah dengan mengidentifikasi kebiasaan yang membuat Anda insecure karena kita memiliki kehidupan dan sejarah yang rumit yang mungkin membuat rasa insecure ini.

Merasa insecure bukanlah kutukan genetik atau ciri kepribadian. Ini adalah hasil dari kebiasaan halus yang membuat Anda tetap merasa seperti itu.

Jadi, jika Anda ingin mengurangi rasa insecure dan meningkatkan kepercayaan diri coba kurangi satu atau dua kebiasaan ini untuk membuat anda lebih baik.

1. Mengkritik Diri Sendiri

Sejak usia muda, kebanyakan dari kita belajar bahwa untuk memotivasi diri sendiri dengan benar agar berhasil, kita harus tangguh pada diri sendiri.

Dan biasanya, ketangguhan ini berupa pembicaraan diri yang kasar, menghakimi, dan terlalu negatif:
Mengapa Anda selalu gugup sebelum presentasi menyedot saja dan percaya diri?
Saya tidak ingin menjadi orang yang kacau jadi saya lebih baik mempersiapkan diri dan belajar lebih giat.
Saya berharap saya memiliki etos kerja sperti dia. Orang itu adalah mesin. Kenapa aku selalu malas?!
Dalam film-film Hollywood, sersan pelatih yang cerewet dengan cepat "membuat seseorang keluar dari" rekrutan baru yang pemalu dengan memberi tahu mereka betapa "lembut" dan "lemah" mereka. Namun dalam kehidupan nyata, mengkritik diri sendiri secara terus-menerus hanya akan menyebabkan rasa malu, ketidakmampuan, dan bahkan lebih insecure. Mengkritik diri sendiri tidak pernah menjadi sumber motivasi sejati yang berkelanjutan.

Sayangnya, kita sering malas, terutama dalam hal membangun sumber motivasi yang benar-benar membantu. Jadi kami mengandalkan strategi motivasi default kami untuk mengkritik diri sendiri yang membuat kami merasa insecure.

Jika Anda ingin benar-benar mengatasi insecure Anda, luangkan waktu untuk mengembangkan sumber motivasi dan dorongan yang benar benar membantu untuk diri Anda sendiri.

2. Mengkritik Orang Lain

Menjadi terlalu kritis terhadap orang lain adalah mekanisme pertahanan halus yang dirancang untuk meningkatkan ego Anda sendiri.

Ketika Anda merasa insecure secara kronis, Anda kelaparan akan perasaan yang baik tentang diri Anda dan sering kali putus asa untuk menemukan cara untuk membuat diri Anda merasa lebih baik bahkan jika itu berumur pendek.

Jadi, banyak orang yang tidak percaya diri masuk ke kebiasaan tidak sadar untuk bersikap kritis terhadap orang lain sebagai cara untuk meningkatkan ego mereka sendiri.

Sebagai contoh:
  • Saat Anda mengkritik pakaian rekan kerja, Anda menyiratkan bahwa Anda memiliki selera mode yang baik. Dan itu terasa menyenangkan.
  • Saat Anda mengkritik pasangan Anda karena menggunakan tata bahasa yang buruk, itu membuat Anda merasa pintar. Dan itu terasa menyenangkan.
Masalahnya adalah selain merusak hubungan Anda, bersikap kritis terhadap orang lain hanya membuat Anda merasa lebih buruk tentang diri Anda sendiri dalam jangka panjang. Jauh di lubuk hati, kita tahu bahwa kita mencoba membuat diri kita merasa lebih baik dengan mengorbankan orang lain dan kita tidak menyukai diri kita sendiri karenanya.

Ingat, Kritik yang berguna adalah tentang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Kritik yang tidak membantu adalah tentang membuat diri Anda merasa lebih baik.

Jika Anda ingin mengurangi rasa insecure dan meningkatkan harga diri Anda dalam jangka panjang, hentikan kebiasaan mengkritik orang lain dan temukan cara yang lebih sehat untuk merasa nyaman dengan diri sendiri.

3. Meminta Nasihat

Sangat mudah untuk merasionalisasi meminta nasihat sebagai ide yang baik karena seringkali memang demikian.

Ketika Anda benar-benar buntu, Anda telah mencoba semua yang dapat Anda pikirkan, dan Anda masih tidak tahu bagaimana melangkah maju dengan sesuatu, terkadang nasihat dapat membantu. Tapi inilah masalahnya, meminta nasihat terasa menyenangkan terkadang terlalu baik.

Secara psikologis, kebiasaan meminta nasihat setiap kali Anda merasa buntu, frustrasi, atau gugup, bisa menjadi penopang. Ketika Anda pergi ke orang lain untuk meminta nasihat tentang bagaimana untuk bergerak maju, itu meredakan kecemasan dan ketidakamanan Anda sendiri dan itu terasa sangat menyenangkan! Tapi Anda bisa kecanduan obat penghilang kecemasan ini.

Karena rasanya sangat menyenangkan untuk segera terbebas dari kecemasan Anda, semakin sulit untuk mencoba dan mengelola kecemasan Anda sendiri untuk mengatasi masalah sendiri meskipun Anda takut dan tidak aman.

Tapi inilah masalahnya, satu-satunya cara untuk membangun kepercayaan diri yang sejati adalah dengan mentolerir ketakutan dan kecemasan Anda dan tetap melakukan sesuatu.

Di sisi lain, ketika Anda biasanya meminta nasihat sebelum mencoba sesuatu sendiri, pada dasarnya Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak kompeten. Dan katakan pada diri Anda sendiri ini cukup dan pikiran Anda akan mulai mempercayainya. Ini adalah kebiasaan yang membuat tidak aman.

Jika Anda ingin mengurangi rasa insecure, mintalah nasihat hanya jika benar-benar diperlukan bukan hanya karena itu akan menenangkan kecemasan Anda.

4. Mencari Kepastian

Seperti meminta nasihat, mencari kepastian adalah kebiasaan halus yang melatih otak Anda untuk melihat diri Anda sendiri sebagai orang yang lemah dan tidak percaya diri dalam jangka panjang. Tapi kami tetap melakukannya karena rasanya sangat menyenangkan dalam jangka pendek.

Berikut contohnya:
Misalkan Anda baru saja memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda lebih memilih makanan Italia daripada Thailand untuk kencan malam bulanan Anda. Meskipun mereka mengatakan mereka baik-baik saja dengan itu, Anda khawatir mungkin mereka diam-diam kesal.
Jadi, Anda bertanya kepada mereka saat keluar rumah: Apakah Anda yakin baik-baik saja dengan bahasa Italia? Kami bisa berbahasa Thai jika Anda mau… Mereka bilang tidak apa-apa dan Anda terus maju.
Namun saat Anda mengemudi, Anda terus memikirkannya, meyakinkan diri sendiri bahwa mereka sebenarnya tidak menginginkan bahasa Italia dan kesal dengan Anda. Jadi, saat Anda memasuki restoran, Anda berkata: Tidak juga, sayang, kita bisa pergi ke Thailand di seberang jalan jika Anda mau… Sekali lagi, pasangan Anda berkata bahwa bahasa Italia baik-baik saja. Tetapi Anda mendeteksi sedikit gangguan dalam suara mereka, yang Anda kaitkan dengan teori Anda bahwa mereka diam-diam tidak menginginkan bahasa Italia (dan bukannya Anda terus-menerus mencari kepastian semakin menjengkelkan).

Kuncinya adalah menyadari bahwa tujuan pencarian kepastian adalah penghilang kecemasan. Anda memiliki keraguan tentang diri Anda sendiri dan Anda ingin orang lain memberi tahu Anda bahwa tidak apa-apa sehingga Anda tidak akan merasa cemas lagi.

Tapi inilah masalahnya, Ketika Anda mengandalkan orang lain untuk membuat Anda merasa baik-baik saja, Anda tidak pernah belajar bagaimana membuat diri Anda sendiri merasa baik-baik saja.

Kita semua memiliki keraguan dan rasa insecure. Perbedaannya adalah kebanyakan orang bersedia untuk mentolerir sedikit rasa takut dan keraguan diri karena mereka tahu itu normal dan mereka yakin perasaan itu akan hilang jika mereka membiarkannya.

Jika Anda ingin merasa lebih percaya diri dan tidak selalu merasa insecure, Anda harus mau mentolerir keraguan diri Anda daripada langsung mencari kepastian dari orang lain.

5. Meragukan Diri Sendiri

Seperti meminta nasihat dan mencari kepastian, kebiasaan menebak-nebak diri sendiri terasa menyenangkan pada saat itu, tetapi seiring berjalannya waktu menyebabkan rasa insecure yang kronis.

Mempertanyakan keputusan Anda sendiri tidak selalu merupakan hal yang buruk. Nyatanya, refleksi yang tulus atas keputusan sebelumnya terutama kesalahan bisa menjadi sumber pertumbuhan dan pembelajaran yang kuat.

Seperti biasa, masalahnya adalah ketika mempertanyakan diri sendiri ini menjadi kebiasaan sesuatu yang Anda lakukan secara naluriah kapan pun Anda membuat keputusan yang membuat Anda tidak nyaman. Karena itu mengajarkan pikiran Anda sendiri untuk berpikir bahwa semua keputusan Anda meragukan dan mungkin salah.

Jadi mengapa kita melakukannya? Mengapa terbiasa menebak-nebak diri sendiri?

Meragukan diri sendiri mengalihkan perhatian Anda dari ketidakpastian seputar keputusan Anda.

Lihat, ketika Anda telah membuat keputusan terutama yang besar ​​adalah normal jika hasilnya tidak pasti. Anda tidak akan tahu apakah itu keputusan yang bagus untuk sementara waktu. Ketidakpastian ini menyebabkan kecemasan yang sangat normal.

Tetapi jika Anda tidak dapat mentolerir kecemasan itu dan melanjutkan hidup Anda, dan perlu mengalihkan perhatian Anda darinya dengan terus-menerus mengulang keputusan dan apa yang menyebabkannya, Anda perlahan-lahan menghilangkan kepercayaan diri Anda. Dan seiring waktu, ini memperkuat insecure kronis Anda.

Jika Anda ingin merasa lebih aman pada diri sendiri dan keputusan Anda, berhentilah menebak-nebak sepanjang waktu.

6. Catastrophizing

Catastrophizing adalah kebiasaan mental membayangkan yang terburuk.

Sebagai contoh:
  • Atasan Anda mengirimi Anda email yang meminta Anda untuk mampir ke kantornya setelah bekerja, jadi Anda segera membayangkan bahwa Anda telah mengacaukan sesuatu dan Anda akan ditegur.
  • Suamimu terlihat kesal setelah bekerja, jadi kamu mulai membayangkan semua hal yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya tidak bahagia.
  • Anak Anda sedih setelah kalah dalam pertandingan sepak bola kejuaraan mereka, jadi Anda mulai membayangkan bagaimana dia akan berhenti bermain sepak bola selamanya dan tidak pernah menemukan gairah dalam hidup.
Catastrophizing adalah kebiasaan buruk karena membuat dunia terlihat jauh lebih menakutkan dan suram daripada yang sebenarnya.

Ketika Anda terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bagaimana semuanya akan berubah menjadi buruk, jangan kaget jika otak Anda mulai memberi tahu Anda bahwa semuanya buruk.

Orang sering kali terbiasa membuat bencana karena mereka tidak ingin terkejut ketika keadaan memburuk. Jadi mereka mengira jika mereka membayangkan yang terburuk, mereka akan selalu terkejut.

Tapi inilah masalah dengan strategi itu, jika Anda terus-menerus membuat bencana, Anda tidak akan memiliki perhatian yang tersisa untuk semua hal dalam hidup Anda yang berjalan dengan baik.

Dan itulah tragedi sebenarnya dari kebiasaan mental yang membuat bencana ini: Ini merampas semua kegembiraan dan kepositifan yang sudah ada dalam hidup Anda.

Dan ketika dunia Anda tampak menakutkan dan tanpa hal-hal baik, apa yang lebih alami daripada merasa tidak aman tentang diri Anda dan tempat Anda di dunia?

Untuk mulai merasa tidak terlalu tidak aman, hentikan kebiasaan Anda untuk membuat bencana dan membayangkan yang terburuk.

Posting Komentar untuk "6 Kebiasaan Yang Membuat Anda Insecure"