Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips untuk Membantu Teman yang Khawatir

Apa itu teman
Orang yang berjuang dengan Gangguan Kecemasan Umum (GAD - Generalized Anxiety Disorder) seringkali membutuhkan lebih dari sekedar psikoterapi dan pengobatan untuk mengatasi masalah mereka. Salah satu faktor terpenting adalah dukungan kuat dari orang-orang dalam kehidupan mereka.

Teman dan keluarga dapat menjadi bagian integral dari sistem perawatan dan dapat membuat perbedaan dalam waktu pemulihan serta mempertahankan remisi. Berikut adalah panduan untuk membantu teman atau anggota keluarga Anda dengan GAD.

1. Bersikaplah Mendukung

Ini mungkin tampak seperti aturan yang jelas untuk diikuti, tetapi menjadi teman yang baik dan suportif bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Memastikan bahwa Anda dapat mendengarkan dengan penuh empati tanpa menjadi frustrasi, memberikan saran yang bermanfaat, dan memperkuat melanjutkan pengobatan tidaklah mudah, namun dapat menjadi pembeda antara pemulihan cepat dan perjuangan jangka panjang.

Cobalah untuk menghindari melewati batasan yang telah ditetapkan teman Anda mengenai jenis bantuan (atau seberapa banyak bantuan) yang mereka inginkan. Bersikap hormat adalah komponen kunci dari dukungan yang baik.

2. Didik Diri Anda

Lakukan apa yang Anda bisa untuk mempelajari tentang gejala, pengobatan, dan pencegahan GAD. Setelah Anda menjadi lebih berpengetahuan, akan lebih mudah untuk menghindari rasa frustrasi dan kecewa.

3. Membantu Menemukan Pengobatan

Bagi orang yang belum didiagnosis atau takut mencari bantuan profesional, teman yang suportif dapat menjadi pengaruh penting dalam mengambil langkah pertama. Membantu teman Anda menemukan penyedia perawatan dan mendorong mereka untuk menindaklanjuti dapat menunjukkan bahwa Anda menginginkan yang terbaik untuk mereka.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu memikirkan proses ini sendiri. Jika teman Anda tidak ingin mendapatkan bantuan, sebagian besar metode memaksa mereka dapat memperburuk situasi dan berpotensi merusak persahabatan Anda. Lihat panduan pengobatan kecemasan untuk informasi lebih lanjut.

4. Dapatkan Bantuan Anda Sendiri

Jika Anda memiliki hubungan yang sangat dekat dengan seseorang yang mengalami masalah GAD secara signifikan, Anda juga bisa menjadi lelah dan frustrasi. Mengaktifkan sistem dukungan Anda sendiri dapat membuat perbedaan antara kelelahan helper dan dukungan berkelanjutan.

Berbicara dengan terapis, penasihat, atau teman dekat untuk mendapatkan dukungan itu penting, tetapi pastikan untuk tidak merusak kepercayaan yang dimiliki teman Anda dengan GAD kepada Anda.

5. Selamat bersenang-senang

Penyandang GAD tidak hanya membutuhkan orang lain untuk berdiskusi, mereka juga membutuhkan teman yang dapat membuat hidup mereka menyenangkan dan menyenangkan. Tanpa terlalu membebani diri sendiri atau secara signifikan mencoba mengubah hubungan yang kuat, menjadi orang yang menyenangkan dan santai untuk berada di dekat Anda dapat membuat Anda menjadi dukungan yang tak ternilai.

Posting Komentar untuk "5 Tips untuk Membantu Teman yang Khawatir"