Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Psikologi Dapat Meningkatkan Hidup Anda

Bagaimana Psikologi Dapat Meningkatkan Hidup Anda
Bagaimana psikologi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda? Menurut Anda, apakah psikologi hanya untuk pelajar, akademisi, dan terapis? Pikirkan lagi. Karena psikologi adalah subjek terapan dan teoretis, ia dapat digunakan dalam berbagai cara.

Meskipun studi penelitian bukanlah bahan bacaan ringan bagi kebanyakan orang, hasil eksperimen dan studi ini dapat memiliki aplikasi yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kegunaan praktis psikologi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Motivasi

Apakah tujuan Anda adalah berhenti merokok, menurunkan berat badan, atau belajar bahasa baru, pelajaran dari psikologi menawarkan tip untuk mendapatkan motivasi. Untuk meningkatkan tingkat motivasi Anda saat mendekati suatu tugas, gunakan strategi yang berasal dari penelitian dalam psikologi kognitif dan pendidikan.
  • Perkenalkan elemen baru atau baru agar minat Anda tetap tinggi.
  • Variasikan urutan repetitif untuk membantu mencegah kebosanan.
  • Pelajari hal-hal baru yang membangun pengetahuan Anda yang sudah ada.
  • Tetapkan tujuan yang jelas yang terkait langsung dengan tugas.
  • Hadiahi diri Anda sendiri untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik.

2. Kepemimpinan

Tidak masalah jika Anda seorang manajer kantor atau sukarelawan di kelompok pemuda setempat. Memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik mungkin akan sangat penting di beberapa titik dalam hidup Anda. Tidak semua orang terlahir sebagai pemimpin, tetapi beberapa tip sederhana yang dikumpulkan dari penelitian psikologis dapat membantu Anda menjadi pemimpin yang lebih baik.

Salah satu studi paling terkenal tentang topik ini mengamati tiga gaya kepemimpinan yang berbeda. Berdasarkan temuan penelitian ini dan penelitian selanjutnya, praktikkan beberapa hal berikut saat Anda berada dalam posisi kepemimpinan.
  • Tawarkan panduan yang jelas, tetapi izinkan anggota kelompok untuk menyuarakan pendapat.
  • Bicarakan tentang kemungkinan solusi dengan anggota kelompok.
  • Fokus pada menstimulasi ide dan bersedia menghargai kreativitas.

3. Komunikasi

Komunikasi melibatkan lebih dari sekedar bagaimana Anda berbicara atau menulis. Penelitian menunjukkan bahwa sinyal nonverbal merupakan bagian besar dari komunikasi antarpribadi kita. Untuk mengkomunikasikan pesan Anda secara efektif, Anda perlu belajar bagaimana mengekspresikan diri Anda secara nonverbal dan membaca isyarat nonverbal dari orang-orang di sekitar Anda.
  • Gunakan kontak mata yang baik.
  • Mulailah memperhatikan sinyal nonverbal pada orang lain.
  • Belajar menggunakan nada suara Anda untuk memperkuat pesan Anda.

4. Kecerdasan Emosional

Sama seperti komunikasi nonverbal, kemampuan untuk memahami emosi Anda dan orang-orang di sekitar Anda memainkan peran penting dalam hubungan dan kehidupan profesional Anda. Istilah kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan Anda untuk memahami emosi Anda sendiri dan orang lain.

Kecerdasan emosional Anda adalah ukuran dari kemampuan ini. Menurut psikolog Daniel Goleman, EQ Anda sebenarnya lebih penting daripada IQ Anda. Untuk menjadi lebih cerdas secara emosional, pertimbangkan beberapa strategi berikut.
  • Kaji reaksi emosional Anda dengan cermat.
  • Catat pengalaman dan emosi Anda dalam jurnal.
  • Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang orang lain.

5. Pengambilan Keputusan

Penelitian dalam psikologi kognitif telah memberikan banyak informasi tentang pengambilan keputusan. Dengan menerapkan strategi ini dalam hidup Anda, Anda dapat belajar membuat pilihan yang lebih bijaksana. Lain kali Anda perlu membuat keputusan besar, coba gunakan beberapa teknik ini.
  • Gunakan pendekatan "enam topi berpikir" dengan melihat situasi dari berbagai sudut pandang, termasuk perspektif rasional, emosional, intuitif, kreatif, positif, dan negatif.
  • Pertimbangkan biaya dan manfaat potensial dari sebuah keputusan.
  • Gunakan teknik analisis kisi yang memberikan skor tentang bagaimana keputusan tertentu akan memenuhi persyaratan khusus yang mungkin Anda miliki.

6. Penyimpanan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda dapat mengingat secara persis detail peristiwa masa kanak-kanak, namun lupa nama klien baru yang Anda temui kemarin? Penelitian tentang bagaimana kita membentuk ingatan baru serta bagaimana dan mengapa kita lupa telah menghasilkan sejumlah penemuan yang dapat diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari Anda. Untuk meningkatkan daya memori Anda:
  • Fokus pada informasi.
  • Latih apa yang telah Anda pelajari.
  • Hilangkan gangguan. 

7. Manajemen Keuangan

Psikolog pemenang Hadiah Nobel Daniel Kahneman dan koleganya Amos Tversky melakukan serangkaian penelitian yang mengamati bagaimana orang mengelola ketidakpastian dan risiko saat membuat keputusan. Penelitian selanjutnya di bidang ini, yang dikenal sebagai ekonomi perilaku, telah menghasilkan beberapa temuan penting yang dapat Anda gunakan untuk mengelola uang dengan lebih bijak.

Satu studi menemukan bahwa pekerja dapat melipatgandakan tabungan mereka dengan menggunakan beberapa strategi berikut.
  • Jangan menunda-nunda. Mulailah berinvestasi dalam tabungan sekarang.
  • Berkomitmen di muka untuk mencurahkan sebagian dari pendapatan masa depan Anda untuk tabungan pensiun Anda.
  • Cobalah untuk waspada terhadap bias pribadi yang dapat menyebabkan pilihan uang yang buruk.

8. Sukses Akademik

Lain kali Anda tergoda untuk mengeluh tentang kuis populer, ujian tengah semester, atau ujian akhir, pertimbangkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa mengikuti tes benar-benar membantu Anda mengingat dengan lebih baik apa yang telah Anda pelajari, bahkan jika itu tidak tercakup dalam ujian.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pengulangan tes mungkin merupakan bantuan memori yang lebih baik daripada belajar. Siswa yang di tes berulang kali mampu mengingat 61% materi, sedangkan kelompok belajar mengingat hanya 40%. Bagaimana Anda dapat menerapkan temuan-temuan ini dalam kehidupan Anda sendiri? Ketika mencoba mempelajari informasi baru, sering-seringlah menguji diri untuk memperkuat apa yang telah Anda pelajari ke dalam ingatan Anda.

9. Produktifitas

Ada ribuan buku dan artikel majalah yang memberi tahu kita bagaimana menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, tetapi seberapa banyak dari nasihat ini yang didasarkan pada penelitian yang sebenarnya? Percayalah bahwa multitasking dapat membantu Anda menjadi lebih produktif. Pada kenyataannya, penelitian telah menemukan bahwa mencoba melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu sangat merusak kecepatan, akurasi, dan produktivitas. Gunakan pelajaran dari psikologi untuk meningkatkan produktivitas Anda dengan lebih efektif.
  • Hindari multitasking saat mengerjakan tugas yang kompleks atau berbahaya.
  • Fokus pada tugas yang ada.
  • Hilangkan gangguan.

10. Kesehatan

Psikologi juga bisa menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dari cara untuk mendorong olahraga dan nutrisi yang lebih baik hingga pengobatan baru untuk depresi, bidang psikologi kesehatan menawarkan banyak strategi bermanfaat yang dapat membantu Anda menjadi lebih sehat dan bahagia.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa sinar matahari dan cahaya buatan dapat mengurangi gejala gangguan afektif musiman.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat berkontribusi pada kesejahteraan psikologis yang lebih besar. 
  • Penelitian telah menemukan bahwa membantu orang memahami risiko perilaku tidak sehat dapat menghasilkan pilihan yang lebih sehat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Psikologi Dapat Meningkatkan Hidup Anda"