Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Gangguan Penyesuaian?

Apa itu gangguan penyesuaian
Selama lebih dari 50 tahun, dokter telah menggunakan istilah gangguan penyesuaian untuk menggambarkan individu yang berjuang untuk menghadapi situasi stres tertentu atau keadaan berkelanjutan yang menyebabkan stres.

Gangguan penyesuaian adalah masalah kesehatan mental yang paling umum didiagnosis dan dapat didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Sebagian besar penelitian melaporkan sekitar 1% populasi mungkin mengalami gangguan penyesuaian pada waktu tertentu.

Definisi

Gangguan Penyesuaian didefinisikan dengan kesulitan menyesuaikan diri dengan stresor kehidupan. Pindah ke kota baru, perubahan dalam hubungan, atau pindah ke karir baru hanyalah beberapa contoh pemicu stres yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan mood atau perilaku.

Gejala Gangguan Penyesuaian

Menurut DSM-5, manual diagnostik terbaru yang digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis penyakit mental, kriteria untuk gangguan penyesuaian meliputi:
  • Perkembangan gejala emosional atau perilaku sebagai respons terhadap stresor yang dapat diidentifikasi yang terjadi dalam tiga bulan sejak timbulnya stresor.
  • Gejala dan perilaku harus signifikan secara klinis sebagaimana dibuktikan oleh salah satu atau kedua hal berikut; tekanan yang ditandai yang tidak proporsional dengan tingkat keparahan atau intensitas penyebab stres dan / atau gangguan signifikan dalam bidang fungsi sosial, pekerjaan, atau fungsi penting lainnya.
Gejala tersebut tidak boleh bertahan selama lebih dari enam bulan setelah pemicu stres berakhir. Mereka juga harus tidak proporsional dengan budaya orang tersebut dan tidak dapat mewakili kematian biasa. Gangguan tersebut juga tidak boleh memenuhi kriteria untuk gangguan jiwa lain (seperti depresi atau kecemasan).

Dokter menentukan bagaimana gejala mempengaruhi fungsi individu dengan menunjukkan apakah gangguan penyesuaian adalah:
  • Dengan suasana hati yang tertekan - suasana hati yang rendah, air mata, atau perasaan putus asa lebih dominan
  • Dengan kecemasan - gugup, khawatir, gelisah, atau kecemasan akan perpisahan lebih dominan
  • Dengan kecemasan campuran dan suasana hati tertekan - kombinasi depresi dan kecemasan sangat dominan
  • Dengan gangguan perilaku - Perubahan perilaku lebih dominan
  • Dengan gangguan campuran emosi dan perilaku - Kedua gejala emosional (depresi, kecemasan) dan gangguan perilaku dominan
  • Tidak ditentukan - Untuk reaksi maladaptif yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai salah satu subtipe spesifik dari gangguan penyesuaian
Berikut adalah beberapa contoh saat diagnosis gangguan penyesuaian mungkin diperlukan:
  • Seorang anak berusia 6 tahun pindah ke kota baru dan memulai sekolah baru. Dia mulai menunjukkan perilaku agresif, menggunakan obrolan bayi, dan menjadi pemberontak.
  • Nilai anak usia 10 tahun menurun setelah orangtuanya bercerai. Dia sering merasa sedih dan tidak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan sekolahnya.
  • Seorang anak berusia 18 tahun pindah ke asrama perguruan tinggi. Dia merasa cemas karena jauh dari rumah dan sulit berteman.
  • Seorang pria diberhentikan dari pekerjaannya. Selama beberapa bulan, dia kekurangan motivasi untuk mencari pekerjaan baru dan kesulitan menyelesaikan sesuatu.
  • Rumah seorang wanita dirusak oleh api. Dia bergumul dengan kehilangan harta miliknya dan dia merasa tergeser dalam situasi barunya. Dia mengalami banyak kesedihan dan kecemasan yang membuatnya sulit untuk bekerja dengan baik.

Penyebab

Gangguan penyesuaian dapat berasal dari berbagai situasi dan pengalaman yang membuat stres. Beberapa di antaranya mungkin acara lajang, seperti bencana alam, pindah pekerjaan, pindah ke kota baru, atau menikah. Di lain waktu, gangguan penyesuaian berasal dari kesulitan yang terus berlanjut, seperti stres yang terkait dengan peluncuran bisnis atau pindah ke perguruan tinggi.

Tidak selalu jelas mengapa beberapa individu lebih mudah menyesuaikan diri dengan keadaan stres daripada yang lain. Bahkan ketika seluruh keluarga atau sekelompok anak terpapar pada situasi stres yang sama, beberapa mungkin mengembangkan gangguan penyesuaian sementara yang lain tidak.

Meskipun situasi kehidupan yang penuh tekanan dapat membuat Anda berisiko mengalami gangguan penyesuaian, cara Anda mengatasi stres berperan dalam menentukan apakah Anda mengalami gangguan penyesuaian. Selain itu, faktor-faktor berikut juga dapat memengaruhi penyesuaian Anda:
  • Pengalaman hidup sebelumnya - Stres yang signifikan selama masa kanak-kanak dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan masalah kesehatan mental, termasuk gangguan penyesuaian diri
  • Masalah kesehatan mental lainnya - Masalah kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya, seperti depresi dan kecemasan, dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami gangguan penyesuaian.
  • Keadaan hidup yang sulit - Memiliki lebih banyak stres setiap hari dalam hidup Anda dapat membuat Anda lebih sulit untuk mentolerir satu lagi perubahan yang membuat stres.

Diagnosa

Tidak ada tes khusus yang digunakan untuk mendiagnosis gangguan penyesuaian. Sebaliknya, seorang dokter atau ahli kesehatan mental akan melakukan wawancara untuk menilai gejala Anda.

Seorang dokter mungkin menjalankan tes rutin untuk memastikan gejala Anda tidak disebabkan oleh masalah kesehatan yang mendasarinya. Setelah dokter mengesampingkan penyakit medis, Anda mungkin akan dirujuk ke ahli kesehatan mental untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Seorang profesional kesehatan mental mungkin meminta Anda untuk mengisi beberapa formulir atau kuesioner sehingga informasi dapat dikumpulkan secara efisien. Anda mungkin juga diwawancarai tentang gejala Anda dan pengalaman hidup stres yang Anda temui (Anda mungkin tidak mengenali pengalaman hidup stres yang menyebabkan gangguan penyesuaian).

Pengobatan Gangguan Penyesuaian

Banyak orang dengan gangguan penyesuaian diri menemukan bahwa pengobatan membantu meringankan kesusahan mereka dan membantu mereka melewati peristiwa yang membuat stres dengan cara yang lebih produktif dan bermanfaat. Perawatan sering kali terdiri dari terapi bicara, pengobatan, atau kombinasi keduanya.

1. Terapi Bicara

Terapi bicara biasanya merupakan pengobatan pilihan untuk gangguan penyesuaian diri. Jenis terapi yang digunakan mungkin tergantung pada keahlian terapis dan kebutuhan individu. Secara umum, terapi bicara dapat memberikan dukungan emosional, membantu mengidentifikasi keterampilan mengatasi yang sehat, mengajarkan strategi manajemen stres, dan membantu Anda membentuk kebiasaan yang sehat.

Jika Anda adalah orang tua atau pasangan dari seseorang dengan gangguan penyesuaian, Anda mungkin diundang untuk menghadiri terapi juga. Terapi keluarga mungkin mengajari Anda cara terbaik untuk mendukung individu yang mengalami gangguan penyesuaian.

2. Pengobatan

Obat dapat digunakan untuk mengatasi depresi atau kecemasan yang menyertai gangguan penyesuaian. Antidepresan atau obat anti-kecemasan mungkin hanya diperlukan untuk waktu yang singkat tetapi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menyesuaikan dosis atau menghentikan pengobatan apa pun.

Mengatasi

Jika Anda menyadari bahwa Anda tidak bangkit kembali dari peristiwa yang membuat stres sebaik mungkin, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan ketahanan dan membantu Anda merasa lebih baik. Strategi berikut dapat membantu Anda mengatasi masalah penyesuaian yang Anda alami:
  • Berpartisipasilah dalam kegiatan waktu luang. Melakukan hal-hal menyenangkan bisa mengurangi tingkat stres Anda. Identifikasi aktivitas yang baik untuk kesejahteraan Anda dan jadwalkan waktu untuk melakukannya.
  • Praktikkan perawatan diri yang baik. Banyak tidur, makan makanan yang sehat, dan banyak aktivitas fisik.
  • Beralih ke keterampilan koping yang sehat. Baik Anda menghilangkan stres dengan mendengarkan musik atau menikmati meditasi di pagi hari, temukan strategi yang membantu Anda rileks, melepas lelah, dan meningkatkan suasana hati.
  • Hentikan keterampilan koping yang tidak sehat. Jika Anda telah beralih ke keterampilan mengatasi masalah yang lebih banyak merugikan daripada kebaikan seperti makan terlalu banyak atau minum alkohol berusahalah secara sadar untuk menguranginya. Keterampilan koping yang tidak sehat hanya menciptakan masalah baru dalam jangka panjang.
  • Cari dukungan sosial. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga yang baik untuk Anda. Apakah mereka memberi Anda nasihat yang jujur ​​atau hanya mendengarkan Anda menyampaikan kekhawatiran Anda, hubungi orang yang sehat. Menghadiri kelompok dukungan (baik secara online atau secara langsung) dapat membantu Anda belajar dari orang-orang yang pernah mengalami pengalaman serupa, seperti perceraian atau kehilangan orang yang dicintai.
  • Terlibat dalam pemecahan masalah. Apakah Anda memiliki setumpuk tagihan yang membuat Anda stres atau panggilan telepon yang sulit yang tidak ingin Anda lakukan, jangan hindari hal-hal yang menyebabkan Anda stres. Atasi masalah Anda secara langsung dan Anda akan menghemat lebih banyak stres dalam jangka panjang.

Akhir Kata

Kemungkinan kebanyakan orang akan mengalami gangguan penyesuaian pada satu titik atau lainnya dalam hidup mereka. Itu bukan tanda kelemahan. Jika Anda sedang berjuang, jangan menyalahkan diri sendiri dengan berpikir Anda harus berbuat lebih baik. Sebaliknya, bersikaplah proaktif dalam menjaga diri sendiri dan mencari bantuan profesional untuk mendukung upaya Anda.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Gangguan Penyesuaian?"