Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Mendengarkan Musik Dapat Memiliki Manfaat Psikologis?

Manfaat mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat menghibur, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal itu bahkan dapat membuat Anda lebih sehat. Musik bisa menjadi sumber kesenangan dan kepuasan, tetapi ada banyak manfaat psikologis lainnya juga. Musik dapat menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan bahkan membantu orang mengatasi rasa sakit dengan lebih baik.

Gagasan bahwa musik dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku Anda mungkin tidak terlalu mengejutkan. Jika Anda pernah merasa bersemangat saat mendengarkan lagu rock favorit Anda atau meneteskan air mata oleh pertunjukan live yang lembut, maka Anda dengan mudah memahami kekuatan musik untuk memengaruhi suasana hati dan bahkan menginspirasi tindakan.

Efek psikologis musik bisa sangat kuat dan luas. Terapi musik adalah intervensi yang terkadang digunakan untuk meningkatkan kesehatan emosional, membantu pasien mengatasi stres, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa selera musik Anda dapat memberikan wawasan tentang berbagai aspek kepribadian Anda.

1. Musik Dapat Meningkatkan Kinerja Kognitif

Penelitian menunjukkan bahwa musik latar (backsound), atau musik yang dimainkan saat pendengar terutama difokuskan pada aktivitas lain, dapat meningkatkan kinerja tugas kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Satu studi menemukan bahwa memainkan lebih banyak musik upbeat menyebabkan peningkatan dalam kecepatan pemrosesan, sementara musik upbeat dan downbeat membawa manfaat dalam memori

Jadi pada saat Anda mengerjakan suatu tugas, pertimbangkan untuk menyalakan sedikit musik di latar belakang jika Anda mencari dorongan dalam kinerja mental Anda. Pertimbangkan untuk memilih trek instrumental daripada yang liriknya rumit, yang mungkin akan lebih mengganggu.

2. Musik Dapat Mengurangi Stres

Telah lama disarankan bahwa musik dapat membantu mengurangi atau mengelola stres. Pertimbangkan tren yang berpusat pada musik meditatif yang dibuat untuk menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi. Untungnya, tren ini didukung oleh penelitian. Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres.

Dalam satu studi tahun 2013, peserta mengambil bagian dalam salah satu dari tiga kondisi sebelum terpapar stresor dan kemudian mengikuti tes stres psikososial. Beberapa peserta mendengarkan musik yang menenangkan, yang lain mendengarkan suara air yang beriak, dan sisanya tidak menerima rangsangan pendengaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik berdampak pada respons stres manusia, terutama sistem saraf otonom. Mereka yang pernah mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat setelah stresor.

3. Musik Dapat Membantu Anda Makan Lebih Sedikit

Salah satu manfaat psikologis yang paling mengejutkan dari musik adalah bahwa musik dapat menjadi alat penurunan berat badan yang bermanfaat. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, mendengarkan musik yang lembut dan meredupkan lampu dapat membantu Anda mencapai tujuan. 

Menurut sebuah penelitian, orang yang makan di restoran dengan pencahayaan redup di mana musik lembut dimainkan mengkonsumsi makanan 18% lebih sedikit daripada mereka yang makan di restoran lain.

Para peneliti menyarankan bahwa musik dan pencahayaan membantu menciptakan suasana yang lebih santai. Karena para peserta lebih rileks dan nyaman, mereka mungkin mengonsumsi makanan mereka lebih lambat dan lebih sadar ketika mereka mulai merasa kenyang.

Anda dapat mencoba mempraktikkannya dengan memainkan musik lembut di rumah saat Anda makan malam. Dengan menciptakan suasana santai, Anda mungkin lebih cenderung makan perlahan dan, oleh karena itu, merasa lebih cepat kenyang.

4. Musik Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anda

Banyak siswa menikmati mendengarkan musik saat mereka belajar, tetapi apakah itu ide yang bagus? Beberapa merasa ingin mendengarkan musik favorit mereka saat mereka belajar meningkatkan daya ingat, sementara yang lain berpendapat bahwa itu hanya berfungsi sebagai pengalih perhatian.

Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu. Tetapi itu tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis musik, kesenangan pendengar terhadap musik itu, dan bahkan seberapa baik pendengarnya terlatih secara musik. Dalam sebuah penelitian, siswa yang naif secara musik belajar lebih baik ketika mendengarkan musik yang positif, mungkin karena lagu-lagu ini menimbulkan emosi yang lebih positif tanpa mengganggu pembentukan ingatan.

Namun, siswa yang terlatih secara musik cenderung tampil lebih baik pada tes pembelajaran ketika mereka mendengarkan musik netral, mungkin karena jenis musik ini kurang mengganggu dan lebih mudah untuk diabaikan. Jika Anda cenderung menemukan diri Anda terganggu oleh musik, Anda mungkin lebih baik belajar dalam diam atau dengan trek netral diputar di latar belakang.

5. Musik Dapat Membantu Mengelola Rasa Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat sangat membantu dalam mengatasi nyeri. Satu studi tentang pasien fibromyalgia menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik hanya satu jam sehari mengalami penurunan rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Di akhir masa studi empat minggu, partisipan yang mendengarkan musik setiap hari mengalami pengurangan yang signifikan dalam perasaan sakit dan depresi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terapi musik dapat menjadi alat penting dalam pengobatan nyeri kronis.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2015 tentang efek musik pada manajemen nyeri menemukan bahwa pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama, atau bahkan setelah operasi mengalami lebih sedikit rasa sakit dan kecemasan dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik.

Meskipun mendengarkan musik pada waktu mana pun efektif, para peneliti mencatat bahwa mendengarkan musik sebelum operasi menghasilkan hasil yang lebih baik. Tinjauan tersebut melihat data dari lebih dari 7.000 pasien dan menemukan bahwa pendengar musik juga membutuhkan lebih sedikit obat untuk mengatasi rasa sakit mereka. Ada juga peningkatan yang sedikit lebih besar, meskipun tidak signifikan secara statistik, dalam hasil manajemen nyeri ketika pasien diizinkan untuk memilih musik mereka sendiri.

6. Musik Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Insomnia adalah masalah serius yang mempengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur. Meskipun ada banyak pendekatan untuk mengatasi masalah ini, penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi solusi yang aman, efektif, dan terjangkau.

Dalam sebuah penelitian yang mengamati mahasiswa, peserta mendengarkan musik klasik, buku audio, atau tidak sama sekali sebelum tidur selama tiga minggu. Peneliti menilai kualitas tidur sebelum dan sesudah intervensi.

Studi tersebut menemukan bahwa peserta yang mendengarkan musik memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik daripada mereka yang mendengarkan buku audio atau tidak menerima intervensi.

7. Musik Dapat Meningkatkan Motivasi

Ada alasan bagus mengapa Anda merasa lebih mudah berolahraga sambil mendengarkan musik. Para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik yang bergerak cepat memotivasi orang untuk berolahraga lebih keras.

Satu eksperimen yang dirancang untuk menyelidiki efek ini menugaskan 12 siswa laki-laki sehat dengan bersepeda di sepeda statis dengan kecepatan pacu diri. Pada tiga uji coba yang berbeda, para peserta bersepeda selama 25 menit sambil mendengarkan playlist dari enam lagu populer yang berbeda dengan tempo yang berbeda.

Tanpa sepengetahuan pendengar, para peneliti membuat perbedaan halus pada musik dan kemudian mengukur performanya. Musik dibiarkan pada kecepatan normal, meningkat 10%, atau menurun 10%.

Mempercepat trek menghasilkan peningkatan kinerja dalam hal jarak yang ditempuh, kecepatan mengayuh, dan tenaga yang dikeluarkan. Sebaliknya, memperlambat tempo musik menyebabkan penurunan semua variabel tersebut.

Jadi, jika Anda mencoba untuk tetap pada rutinitas latihan, pertimbangkan untuk memuat daftar putar yang berisi lagu-lagu cepat yang akan membantu meningkatkan motivasi dan kenikmatan Anda pada program latihan Anda.

8. Musik Dapat Meningkatkan Mood

Manfaat musik yang didukung sains lainnya adalah musik dapat membuat Anda lebih bahagia. Dalam salah satu pemeriksaan tentang alasan mengapa orang mendengarkan musik, peneliti menemukan bahwa musik memainkan peran penting dalam menghubungkan gairah dan suasana hati. Peserta menilai kemampuan musik untuk membantu mereka mencapai suasana hati yang lebih baik dan menjadi lebih sadar diri sebagai dua fungsi musik yang paling penting.

Studi lain menemukan bahwa secara sengaja mencoba meningkatkan suasana hati dengan mendengarkan musik yang positif dapat berdampak dalam dua minggu. Peserta diinstruksikan untuk berusaha memperbaiki suasana hati mereka dengan mendengarkan musik positif setiap hari selama dua minggu.

Peserta lain mendengarkan musik tetapi tidak diarahkan untuk menjadi lebih bahagia dengan sengaja. Ketika peserta kemudian diminta untuk menggambarkan tingkat kebahagiaan mereka sendiri, mereka yang dengan sengaja mencoba memperbaiki suasana hati mereka melaporkan merasa lebih bahagia hanya dalam dua minggu.

9. Musik Dapat Megurangi Gejala Depresi

Para peneliti juga menemukan bahwa terapi musik dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk berbagai gangguan, termasuk depresi. Satu studi menemukan bahwa terapi musik adalah cara yang aman dan berisiko rendah untuk mengurangi depresi dan kecemasan pada pasien yang menderita kondisi neurologis seperti demensia, stroke, dan penyakit Parkinson.

Meskipun musik dapat memengaruhi suasana hati, jenis musik juga penting. Musik klasik dan meditasi menawarkan manfaat peningkatan mood terbesar, sedangkan musik heavy metal dan techno tidak efektif dan bahkan merugikan.

10. Musik Dapat Meningkatkan Daya Tahan Dan Performa

Manfaat psikologis penting lainnya dari musik terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan performa. Meskipun orang memiliki frekuensi langkah yang disukai saat berjalan dan berlari, para ilmuwan telah menemukan bahwa penambahan ketukan ritmis yang kuat, seperti trek musik yang bergerak cepat, dapat menginspirasi orang untuk meningkatkan kecepatan.

Pelari tidak hanya bisa berlari lebih cepat sambil mendengarkan musik; mereka juga merasa lebih termotivasi untuk mematuhinya dan menunjukkan daya tahan yang lebih besar. Tempo ideal untuk musik olahraga adalah antara 125 dan 140 ketukan per menit.

Meskipun penelitian telah menemukan bahwa menyelaraskan gerakan tubuh dengan musik dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dan meningkatkan stamina, efeknya cenderung paling terlihat dalam kasus olahraga intensitas rendah hingga sedang. Dengan kata lain, rata-rata orang lebih mungkin memperoleh manfaat dari mendengarkan musik lebih dari seorang atlet profesional.

Jadi, mengapa musik meningkatkan kinerja latihan? Mendengarkan musik sambil berolahraga menurunkan persepsi pengerahan tenaga. Anda bekerja lebih keras, tetapi sepertinya Anda tidak berusaha lebih keras. Karena perhatian Anda dialihkan oleh musik, Anda cenderung tidak melihat tanda-tanda tenaga yang jelas seperti peningkatan pernapasan, berkeringat, dan nyeri otot.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Mendengarkan Musik Dapat Memiliki Manfaat Psikologis?"