Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahpahaman Umum Tentang Psikoterapi

Apa itu psikoterapi
Terkadang, kepedulian teman, pasangan, atau anggota keluarga itulah yang menjadi titik kritis bagi seseorang untuk mencari bantuan. Dalam kasus lain, seorang guru, sekolah, kolega, atau majikan bersikeras bahwa kesehatan mental perlu diprioritaskan di atas segalanya sehingga seseorang dapat kembali ke sekolah (atau bekerja) dengan pijakan psikologis yang lebih baik.

Seringkali, orang dewasa sendiri menyadari cara-cara di mana mereka ingin hubungan mereka menjadi lebih baik, suasana hati atau kecemasan mereka merasa lebih terkendali, atau perilaku khusus yang mereka ingin bantuan untuk diubah; dalam kasus ini, orang memilih untuk mencari terapi untuk kepentingan pertumbuhan pribadi, pengurangan gejala, dan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan.

Terlepas dari bagaimana Anda mungkin sampai pada keputusan untuk mencoba psikoterapi (atau jenis terapi bicara yang Anda pilih), Anda akan sampai pada sesi pertama Anda dengan serangkaian ekspektasi yang mungkin mencakup beberapa kesalahpahaman tentang proses psikoterapi.

Mengapa Ada Kesalahpahaman Tentang Psikoterapi?

Jika Anda tidak bekerja di bidang kesehatan mental, Anda dapat memperoleh manfaat dari peningkatan literasi kesehatan mental Anda (yaitu, pengetahuan tentang gangguan mental). Ini tentu masuk akal dan tidak hanya terjadi di bidang kesehatan mental. Bagaimanapun, non-pengacara biasanya tidak tahu banyak tentang litigasi. Tetapi mungkin akan membuat Anda sulit untuk mengetahui apakah Anda atau seseorang yang Anda khawatirkan telah mencapai titik ketika Anda perlu mencari terapi. (Lihat posting terkait ini untuk  membedakan kecemasan 'normal' dari gangguan kecemasan umum). Dan itu dapat menambah rintangan untuk berhasil memulai psikoterapi atau bersedia mematuhinya.

Informasi psikoterapi yang paling mudah diakses berasal dari penggambaran media. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang membentuk konseptualisasi dan ekspektasi psikoterapi berdasarkan ilustrasi yang mereka lihat di televisi dan film. Dan meskipun Anda mungkin dapat menyeimbangkan penggambaran fiktif, terkadang merusak dari profesional lain seperti dokter atau guru dengan pengalaman kehidupan nyata Anda menerima perawatan atau pendidikan medis, mungkin lebih menantang untuk melawan stereotip dari klinisi kesehatan mental, atau secara keseluruhan. proses psikoterapi.

Apa yang Tidak Diharapkan dari Psikoterapi

Memahami apa yang tidak diharapkan dari pengalaman dapat membantu Anda mendekati pengobatan, seperti yang saya suka pikirkan, sebagai konsumen berpendidikan dengan pikiran terbuka. Berikut adalah beberapa hal penting untuk dipahami tentang psikoterapi yang membahas beberapa ekspektasi umum namun salah arah yang harus Anda coba tinggalkan di depan pintu sebelum Anda memasuki sesi Anda:

Jangan Harapkan Perbaikan Cepat

Ada sejumlah masalah yang sangat terbatas di mana satu sesi psikoterapi akan menjadi semua perawatan yang diperlukan (Pengecualian untuk ini mungkin termasuk terapi paparan sesi tunggal untuk beberapa fobia spesifik pada orang dewasa, remaja, dan anak-anak). Psikoterapi bisa menjadi komitmen jangka pendek atau jangka panjang.

Beberapa janji pertama biasanya digunakan untuk Anda dan terapis Anda untuk menentukan apakah (dan jenis) terapi apa yang bisa membantu. Anda akan diminta untuk berbicara tentang masalah spesifik yang membuat Anda mencari perawatan, serta elemen riwayat medis, sosial, dan keluarga yang lebih luas yang akan membantu terapis mengenal Anda lebih baik.

Bagi sebagian orang, sangat tidak nyaman untuk berbicara secara terbuka tentang gejala dan riwayat mereka. Bagi orang lain, ini dengan sendirinya merupakan pengalaman yang sangat melegakan. Terlepas dari itu, sangat tidak mungkin bahwa perubahan atau resolusi yang bermakna dan bertahan lama untuk pola berpikir, berhubungan, atau berperilaku yang telah berlangsung lama dapat dicapai secara memadai dalam beberapa pertemuan.

Meskipun demikian, masuk akal untuk mengharapkan pendekatan terstruktur yang berfokus pada masa kini seperti terapi perilaku kognitif, psikoterapi interpersonal, atau penerimaan dan terapi komitmen menjadi terbatas waktu. Psikoterapi psikodinamik dan psikoanalisis, di sisi lain, yang fokus pada eksplorasi keinginan dan proses bawah sadar cenderung membutuhkan investasi waktu yang lebih besar.

Apa yang Dilakukan Terapis

Dalam Banyak Kasus, Prosesnya Tidak Akan Mudah
Psikoterapi adalah pekerjaan. Ini akan mengharuskan Anda untuk memperhatikan diri sendiri. Anda tidak akan sendirian dalam hal ini; terapis Anda akan bekerja keras juga.

Anda akan bekerja sama untuk (1) mengembangkan lebih banyak kesadaran tentang secara tepat apa yang menyebabkan Anda suatu masalah (misalnya, cara berpikir tertentu, cara Anda menghindari menghadapi kekhawatiran Anda, mengekspresikan atau mengatasi berbagai emosi, atau gaya komunikasi), (2) memahami bagaimana pola Anda saat ini melayani Anda dengan baik dan tidak begitu baik, dan (3) bereksperimen dengan berbagai cara berpikir,  melakukan, berhubungan, dan mengatasi.

Dalam prosesnya, mungkin ada saat-saat Anda merasa lebih buruk sebelum Anda merasa lebih baik. Berbicara tentang pengalaman traumatis, misalnya, dapat mengganggu tidur. Menghadapi cara orang lain memperlakukan Anda dengan buruk, atau Anda memperlakukan orang lain dengan buruk, dapat menyebabkan kesedihan dan kemarahan.

Menghadapi sesuatu yang Anda takuti.entah itu rollercoaster, mengangkat tangan di kelas, atau memutuskan untuk bercerai dapat menciptakan lebih banyak kecemasan dalam jangka pendek. Dalam 'saat-saat merasa lebih buruk', ingatlah bahwa pola lama juga terasa buruk. Mungkin ada baiknya memberikan waktu untuk melihat apakah momen sulit ini akan memberi jalan pada sesuatu yang lebih baik dalam jangka panjang?

Berbicara Dengan Terapis Anda Tidak Sama dengan Berbicara dengan Teman

Hubungan terapeutik berbeda dengan hubungan lainnya. Ini bukan timbal balik, bukan "jalan dua arah". Anda mungkin akan berbagi detail intim tentang diri Anda dengan dokter Anda, dan dia tidak akan merespons dengan cara yang sama. Ini tidak dimaksudkan untuk menjadi kasar atau menahan, juga bukan merupakan indikator dari kepercayaan atau kesukaan Anda kepada dokter.

Sebaliknya, terapis Anda menetapkan batasan apakah mereka akan membagikan informasi pribadi untuk menjaga fokus pada tempatnya pada Anda dan tujuan Anda dan dalam beberapa jenis terapi, untuk membantu Anda memahami asumsi (atau proyeksi) Anda tentang dia sebagai cara lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang diri Anda. Batasan yang ditetapkan oleh terapis dalam beberapa kasus juga dapat menjadi contoh bagi Anda cara menetapkan batas dengan orang lain.

Terapis Anda Biasanya Tidak Akan Memberi Tahu Anda Apa yang Harus Dilakukan

Karena terapis Anda tidak akan secara langsung menjalani konsekuensi dari pilihan Anda, dia biasanya akan menahan diri dari instruksi terbuka. Tentu ada pengecualian untuk ini yaitu, jika ada kekhawatiran akan keselamatan Anda atau orang lain yang mungkin membuat terapis Anda lebih jujur ​​dan mengarahkan daripada biasanya.

Alih-alih memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan, terapis Anda akan mengajukan pertanyaan untuk membantu Anda menentukan apa yang ingin Anda lakukan dan mengapa.

Dia akan merefleksikan kembali apa yang Anda katakan untuk membantu Anda mendengarnya dengan 'telinga segar' dan memfasilitasi pemeriksaan menyeluruh. Terapis Anda mungkin membimbing Anda untuk mempertimbangkan pilihan lain yang tidak Anda bayangkan atau untuk memikirkan konsekuensi positif, negatif, dan 'di suatu tempat di antara' dari mengambil jalan tertentu.

Jika Anda bekerja dengan terapis yang sama dalam jangka waktu yang lama, terapis Anda mungkin dapat mengingatkan Anda tentang keputusan sebelumnya (dan konsekuensinya) atau menandai pola yang berulang. Ini mungkin menginformasikan bagaimana Anda melanjutkan keputusan yang saat ini ada di depan Anda, atau bagaimana Anda mengatasi hasilnya.

Jangan Berharap untuk 'Klik' Dengan Terapis Pertama yang Anda Temui

Seunik hubungan terapeutiknya, ia memiliki kesamaan dengan hubungan lain yang melibatkan dua orang yang berkumpul. Anda jelas ahli dalam diri Anda, dan Anda tiba di kantor terapis dengan temperamen dan gaya pribadi tertentu, persepsi masalah aktif, dan gagasan tentang tujuan terapi Anda. Terapis Anda adalah ahli kesehatan mental, dan dia menyapa Anda dengan gaya terapeutik khusus mereka, bidang pengalaman klinis (termasuk jenis terapi yang dipraktikkan, kelompok usia atau diagnostik yang biasanya dilayani, dll.), Dan temperamen.

Anda mungkin tidak "cocok" dengan terapis pertama yang Anda temui atau mungkin perlu lebih dari satu janji temu untuk memutuskan apakah mereka cocok. Anda mungkin perlu menemui lebih dari satu dokter untuk beberapa sesi sebelum Anda menemukan terapis yang tepat.

Menemukan Terapis Terbaik untuk Anda

Yang paling cocok berbeda untuk orang yang berbeda, tetapi pertimbangkan pertanyaan berikut sebagai awal yang membantu dalam mengevaluasi terapis yang baik untuk diri Anda sendiri:
  • Sudahkah terapis menjawab pertanyaan Anda untuk kepuasan Anda tentang diagnosis Anda, pengalaman klinis mereka, dan perawatan apa yang dapat melibatkan?
  • Apakah terapis menyampaikan profesionalisme (dalam percakapan, di lingkungan kantor, dalam deskripsi kebijakan praktik terkait pembatalan, keadaan darurat, dll)?
  • Apakah terapis mengajukan pertanyaan yang bijaksana?
  • Diberikan tantangan bagi Anda dalam memulai psikoterapi, seberapa nyaman Anda merasa berbicara secara terbuka dengan terapis?
  • Apakah Anda menyukai gayanya, termasuk tingkat interaksinya dengan Anda, penggunaan humor, kemampuan untuk memahami dan mengatasi keadaan emosional Anda selama sesi?

Posting Komentar untuk "Kesalahpahaman Umum Tentang Psikoterapi"