Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis untuk Mencoba Sesuatu yang Baru Saat Anda Berjuang Meninggalkan Zona Nyaman Anda

Cara keluar dari zona nyaman
Zona nyaman berlaku bagi kita semua, apakah milik Anda tampil di depan orang banyak atau menikmati buku yang bagus?. Namun, lebih sering daripada tidak, kita mencapai suatu titik di mana kita terjebak dalam batasan rutinitas dan ingin mencoba sesuatu yang baru untuk menyuntikkan sedikit kesegaran ke dalam keseharian.

Jika Anda seorang yang giat, ini mungkin bukan tantangan. Dan, jika Anda adalah tipe orang yang menikmati kesempatan apa pun untuk mengalami hal-hal baru, itu mungkin bagian atas daftar tugas Anda. Tetapi, jika karakteristik tersebut tidak berlaku, dan Anda merasa sangat puas dalam keamanan zona nyaman Anda, sesuatu yang tidak rutin dapat membuat stres dan menyebabkan kecemasan yang tak terhitung.

Mari kita lihat lima hal praktis yang dapat Anda lakukan untuk mencoba sesuatu yang baru dan memudahkan Anda keluar dari zona nyaman tanpa stres.

1. Pecahkan menjadi potongan seukuran gigitan

Jika Anda ingin mulai jogging, langkah pertama bukanlah mendaftar untuk ultra-maraton. Ketika melakukan sesuatu yang baru terasa mengintimidasi, melemparkan diri Anda lebih dulu ke dalamnya tidak akan membantu Anda. Itu juga dapat memicu respons ketakutan 'lari atau lawan', yang bukan sesuatu yang ingin Anda mulai tanpa sebab.

Pertimbangkan apa yang ingin Anda coba apakah itu berbicara di depan umum, hobi baru, olahraga dan memudahkan diri Anda sendiri ke dalamnya dengan kemajuan yang dapat diatur dan terukur.

Kembali ke analogi jogging, tentukan sendiri tugas berjalan sejumlah langkah per hari. Jika sudah nyaman, selingi joging ringan dengan lari, dan naikkan rasio setiap beberapa minggu. Dalam beberapa bulan, Anda akan menemukan kebugaran dan kepercayaan diri Anda tumbuh secara bertahap sampai Anda dapat berlari dua kali lebih jauh dari yang Anda bisa berjalan saat ini dan tanpa tekanan yang sangat besar atau tidak sama sekali.

2. Lakukan hari ini

Penundaan bisa diubah menjadi bentuk seni. Jika Anda telah menetapkan pikiran pada pengembangan pribadi tetapi belum berhasil menggali lebih dalam motivasi untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda membuatnya lebih mudah untuk terus menundanya sampai hari itu tidak pernah tiba. Lakukan hari ini. Lakukan sekarang.

Jadwalkan waktu, komitmen, dan meskipun itu hanya langkah kecil, lakukan langkah pertama untuk meninggalkan zona nyaman Anda.

Begitu Anda mulai dan mendapatkan serangan dopamin yang memberi tahu otak Anda bahwa Anda melakukan sesuatu yang bermanfaat, Anda akan segera menemukan cadangan kemauan untuk terus mendorong sampai Anda dapat menerobos sepenuhnya.

3. Temukan teman untuk bergabung dengan Anda dalam perjalanan

Keraguan diri dapat menciptakan penghalang psikologis yang tidak dapat diatasi. Ketika kita menginginkan tantangan baru atau mengalami sesuatu yang berbeda, kecemasan itu dapat meningkat sampai kita yakin bahwa kita tidak mampu melakukan sesuatu yang berbeda. Itu berhenti ketika Anda menemukan teman atau jaringan pendukung untuk bergabung dengan Anda. Dalam beberapa kasus, sistem pertemanan itu sudah ada tetapi Anda harus keluar dan menemukannya.

Katakanlah Anda ingin berlatih berbicara di depan umum karena itu adalah sesuatu yang menakutkan di hati Anda, namun, Anda mungkin perlu melakukannya jika mengejar karir impian Anda. Lihat apa tentang kelompok berbicara di depan umum, tim debat, kelas pertunjukan, sekolah malam, klub drama.

Anda tidak harus membuat aspirasi Anda setinggi langit (setidaknya tidak untuk memulainya!), Tetapi jika Anda menemukan jaringan yang ada dalam lingkup yang sama dengan tujuan pengembangan diri yang Anda inginkan, dekati mereka dan lihat bagaimana Anda dapat melibatkan diri. Bahkan hanya menonton atau menghadiri grup yang baru bagi Anda adalah titik awal yang baik. Dalam pertemuan orang yang berpikiran sama, jelaskan tujuan Anda dan apa yang ingin Anda capai, dan Anda memiliki jaringan dukungan bawaan untuk membantu Anda mencapainya.

4. Uji batasan Anda

Mungkin Anda tidak memiliki tujuan tertentu?. Atau Anda ingin mencoba sesuatu yang baru tetapi merasa terikat dengan ketidakamanan yang mengikat Anda pada zona nyaman?. Kendalikan energi pengambilan keputusan Anda dengan mengubah satu hal setiap hari, yang menempatkan Anda dalam skenario baru tanpa menjadi variasi besar dalam rutinitas Anda.
  • Jalan pulang dengan cara berbeda.
  • Makan di tempat baru untuk makan siang.
  • Hubungi teman Anda alih-alih mengirim pesan.
  • Katakan ya, bukan tidak.
Bahkan perubahan kecil akan mulai menciptakan iklim petualangan di benak Anda! Begitu Anda mulai mengalami hal-hal baru yang berbeda dan merasakan gagasan bahwa Anda tidak perlu melakukan sesuatu seperti yang selalu Anda lakukan, Anda mulai mendekati tepi zona nyaman itu.

5. Melempar koin

Menggunakan lemparan koin untuk membuat keputusan mungkin terdengar berubah-ubah, tetapi bersabarlah di sini. Zona nyaman adalah tentang pola, kebiasaan, rutinitas dan kita dapat tersedot ke dalam zona itu dengan mengulangi perilaku yang sama berulang kali. Pola perilaku kita sering kali diciptakan oleh pikiran bawah sadar daripada oleh keputusan sadar. Sejak kecil, ini dipetakan dan membangun sistem kepercayaan dan perilaku kebiasaan yang membimbing kita sepanjang hidup.

Ketika Anda mencoba untuk keluar dari zona nyaman Anda, alasan mengapa hal ini terasa sulit adalah karena Anda menantang keyakinan dan kebiasaan tersebut dan mencoba untuk membengkokkan proses berpikir Anda untuk menerima bahwa sesuatu yang berbeda mungkin sama baiknya. Serahkan takdir kepada tuhan, dan lepaskan sedikit kendali. Tidak harus sesuatu yang penting (juga tidak seharusnya)  tetapi putuskan ke mana harus pergi hari ini, latihan apa yang harus dicoba, teman mana yang harus dihubungi, apa yang akan dipakai untuk bekerja.

Dengan mengambil langkah mundur dari tekanan mencoba memotivasi diri sendiri untuk membuat keputusan yang berbeda dari yang selalu Anda lakukan, lempar koin memungkinkan Anda menerima kesimpulan alternatif dan memungkinkan Anda untuk mencoba sesuatu yang baru.

Posting Komentar untuk "Cara Praktis untuk Mencoba Sesuatu yang Baru Saat Anda Berjuang Meninggalkan Zona Nyaman Anda"