Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Untuk Mengatasi Bullying

Cara mengatasi bully
Penindasan adalah sesuatu yang bisa terjadi pada usia berapa pun, dan mengatasinya bisa menjadi salah satu hal tersulit untuk dilakukan. Penindasan dapat membuat Anda merasa sendirian, takut, dan tidak berharga. Faktanya, lebih dari sepertiga orang terus mengembangkan kecemasan sosial dan depresi sebagai akibat langsung dari penindasan.

Jika Anda sedang diintimidasi maka Anda bukan satu-satunya. Nyatanya, hampir setengah dari kita pernah mengalami perundungan . Sebagai organisasi amal pemuda global terkemuka, kami di sini untuk membantu Anda mengatasi penindasan untuk selamanya.

Apakah Anda Sedang di Intimidasi?

“Abaikan saja”, adalah apa yang dikatakan kebanyakan orang ketika mereka ditindas, atau mungkin “mereka hanya cemburu/iri kepada Anda” tetapi apa gunanya ketika Anda terluka dan itu membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri?

“Beritahu seorang guru” terkadang merupakan nasihat yang baik, tetapi apa yang terjadi jika guru Anda tidak melakukan apa-apa? Bagaimana jika Anda sudah memberi tahu seorang guru dan itu menjadi lebih buruk?

9 Kiat Teratas Menghadapi Bullying


1. Pahami Bullying

Penindasan adalah perilaku yang dipelajari. Ada beberapa alasan mengapa orang menindas orang lain. Lebih sering daripada tidak, penindasan dapat menjadi mekanisme penanggulangan bagi orang-orang yang mengalami situasi stres atau traumatis dan dapat juga dipelajari dari pelecehan atau sikap berbasis prasangka di rumah. Seringkali orang yang menindas orang lain pada suatu saat telah menindas dirinya sendiri atau saat ini sedang ditindas.

Alasan lain untuk penindasan dapat mencakup masalah seperti kecemburuan dan ketidakamanan. Jika Anda ditindas, ketahuilah bahwa Anda bukanlah masalahnya.

2. Jika Anda Merasa Cukup Aman: Bicaralah Dengan Orang Yang Menindas Anda

Pernahkah Anda mengatakan sesuatu kepada teman dan membuat mereka kesal secara tidak sengaja? Kemungkinannya, hal itu mungkin telah terjadi berkali-kali. Sama halnya dengan penindasan sebagai definisinya, secara default subjektif, artinya setiap orang memiliki ambang batas yang berbeda tentang apa yang mereka anggap sebagai penindasan.

Terkadang, orang yang menindas Anda mungkin benar-benar tidak tahu bahwa hal itu memengaruhi Anda. Sama halnya, mereka mungkin sendiri sedang mengalami masa sulit dan akan berhubungan dengan perasaan Anda.

3. Jangan Pernah Melakukan Dalam Diam

Saat Anda mengalami situasi stres atau sulit, hal itu dapat menyumbat pikiran dan mengaburkan penglihatan Anda. Hal ini menyebabkan orang menjadi terganggu, stres, dan tidak produktif. Penindasan adalah sesuatu yang memengaruhi kehidupan banyak orang, tetapi banyak orang tidak akan pernah melaporkannya karena rasa malu, ketakutan, atau kurangnya kepercayaan pada orang lain.

Sangatlah penting bagi Anda untuk melalui saluran pelaporan yang tepat dengan terlebih dahulu memberi tahu guru / orang tua / wali / mentor pembelajaran atau orang dewasa lain yang bertanggung jawab. Bahkan jika Anda tidak ingin melaporkannya, berbicaralah dengan seseorang dan jangan merasa Anda harus melakukannya sendiri karena Anda tidak melakukannya.

4. Apakah Itu Kejahatan?

Penindasan adalah suatu perilaku, tetapi beberapa bentuk penindasan juga dapat dianggap sebagai tindak pidana. Jika seseorang secara fisik atau seksual menyerang Anda, mencuri dari Anda atau menggunakan bahasa prasangka atau ujaran kebencian terhadap Anda (seperti homofobia dan rasisme) atau membagikan informasi pribadi atau gambar intim Anda secara online, ini semua adalah tanda-tanda utama yang mungkin harus Anda laporkan ke Polisi.

5. Jangan Melihat Diri Anda Sebagai Masalah

Alasan orang mengalami intimidasi bukan karena seksualitas, identitas gender, ras, penampilan, kecacatan, atau faktor unik lainnya, itu karena sikap terhadap faktor tersebut. Satu-satunya hal yang mungkin diubah adalah sikap. Orang yang menindas Anda adalah orang yang bermasalah, bukan Anda.

6. Atasi Stres

Saat Anda mengalami situasi stres, mungkin sulit untuk menghadapinya secara objektif jika Anda menyimpannya untuk diri sendiri. Stres mengarah ke depan pikiran Anda dan membangun rantai emosi negatif yang benar-benar dapat dihindari. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi tahu seseorang bahwa Anda percaya, bahkan tidak harus orang dewasa, bisa jadi teman atau seseorang.

7. Meskipun Anda Mungkin Ingin, Jangan Mengisolasi Diri Anda Sendiri

Merampas dukungan apa pun dari diri Anda sendiri tentu tidak akan menyelesaikan masalah atau membantu Anda menangani penindasan. Kami tahu ini mungkin terasa seperti hal terbaik untuk dilakukan saat itu, tetapi itu hanya akan memperburuk keadaan dengan membungkam Anda dan mengurangi harga diri Anda. Seringkali orang yang diintimidasi akan melihat diri mereka sebagai korban, tetapi penting bagi Anda untuk melihat lebih jauh dan jangan biarkan penindasan menentukan siapa Anda. 

8. Jagalah Kesehatan Anda

Kita tidak akan membahas masalah endorfin secara keseluruhan karena Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya. Tetapi secara serius, makan makanan yang baik dan bersih serta berolahraga dapat benar-benar meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda serta mengurangi stres. Pengurangan stres meningkatkan kejelasan Anda, membantu Anda memecahkan situasi sulit, membuatnya lebih mudah untuk dihadapi. Hal-hal lain yang dapat Anda coba termasuk meditasi, yoga, memasak, jalan-jalan, lari atau berenang.

Kita semua memiliki kesehatan mental, tetapi mengapa setiap orang lebih fokus pada fisik daripada mental? Faktanya adalah: kita semua mengalami pasang surut dan secara statistik, 1 dari 4 dari kita akan mengalami semacam komplikasi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Tidak apa-apa untuk berbicara tentang masalah ini dan penting bagi Anda untuk mencari dukungan kesehatan emosional dan mental dari dokter umum, terapis atau konselor Anda.

9. Carilah Panutan/Motivator

Ketika Anda melewati masa remaja Anda, terkadang semuanya tampak seperti lubang hitam. Ini menjadi lebih buruk jika Anda berjuang dengan identitas Anda atau diintimidasi. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mencari teladan positif untuk menunjukkan kepada Anda bahwa banyak orang telah berada di posisi Anda saat ini dan telah berhasil mengatasinya.

1 komentar untuk "9 Tips Untuk Mengatasi Bullying"